spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dinas Perikanan PPU Ajak Masyarakat Benuo Taka Perbanyak Konsumsi Ikan Air Tawar

PPU – Kepala Dinas Perikanan Penajam Paser Utara (PPU), Rozihan Asward sebut akan gencarkan kesadaran masyarakat untuk konsumsi ikan air tawar. Hal ini berkaitan dengan perubahan iklim yang tidak menentu dan mengonsumsi ikan air tawar akan lebih stabil dalam persediaannya.

Rozihan mengatakan kebiasaan masyarakat di PPU ialah mengonsumsi ikan laut. Sehingga kesediannya bergantung pada kondisi cuaca dan berdampak pada kesediaan yang tidak menentu.

Otomatis akan ada satu waktu di mana kebutuhan meningkat dan kesediaan menurun akibat cuaca yang tidak menentu. “Kan masyarakat di sini itu rata-rata kebiasaannya konsumsi ikan laut, jadi kesediaannya bergantung pada cuacanya,” tambahnya.

Rozihan menjelaskan untuk mengatasi kesediaan ikan yang lebih stabil, pihaknya mendorong warga PPU untuk bisa konsumsi ikan air tawar. Kestabilan persediaan dan kebutuhan ketika telah beralih ke ikan air tawar akan turut berpengaruh pada kestabilan angka inflasi.

“Peralihan ini setidaknya dapat berpengaruh menjaga kestabilan angka inflasi pada perikanan di PPU,” terangnya.

Selain itu, Ia juga terangkan pihaknya akan memberikan bantuan kepada nelayan melalui pemberian alat tangkap secara gratis kepada nelayan. Hal ini juga upaya pembinaan kelompok nelayan agar terus menghasilkan dan memenuhi kebutuhan pangan ikan warga PPU.

Baca Juga:   Perbasi PPU Fokus Tingkatkan SDM Olahraga Basket pada 2023

“Meski begitu tetap kita bantu juga untuk alat tangkap ikannya kepada nelayan-nelayan kita,” tutup Rozihan. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER