spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pastikan Maju Pilkada 2024, Andi Harahap Tekad Sinergikan PPU dan IKN

PPU – Usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Februari kemarin, partai-partai politik mulai mempersiapkan calon kepala daerahnya untuk berkontestasi di Pilkada pada November 2024 mendatang. Mantan Bupati PPU, Andi Harahap telah mengumumkan dirinya akan maju pada Pilkada mendatang. Hal ini dikemukakan pada saat ditemui di rumahnya, Jalan Provinsi KM 1, pada Minggu (10/3/2024).

Andi Harahap mengatakan bahwa dirinya telah direkomendasikan oleh DPP Partai Golkar untuk mencalonkan diri pada kontestasi Pilkada sebagai Calon Bupati PPU. Selain Golkar terdapat beberapa partai yang turut mengusung dirinya.

“Kalau masalah perahu ada banyak, cuma bagaimanapun saya dari Golkar. Surat rekomendasi dari Golkar kan sudah keluar, jadi calon tunggal untuk PPU itu saya diberikan mandat,” jelasnya.

Disinggung terkait Calon Wakil Bupati yang akan berpasangan dengan dirinya, Andi Harahap mengatakan terdapat tiga calon yang berasal dari PPU, satu orang dari Balikpapan dan satu orang dari Samarinda.

“Saya akan turun ke masyarakat dulu, untuk melihat siapa keinginan masyarakat, supaya tidak salah lagi kan, saya akan informasikan ke masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:   Penghitungan Suara Ulang 2 TPS di PPU, Tohar Harapkan Situasi Politik Tetap Kondusif

Dia pun menjelaskan visi dan misinya untuk mencalonkan diri sebagai calon Bupati. Salah satunya untuk mengembalikan PPU seperti semula. Di mana, Kabupaten PPU memberikan pendidikan gratis dan layanan kesehatan gratis.

Selain itu, pihaknya juga akan menggencarkan pemberian subsidi pupuk dan bibit gratis bagi para petani. Menurutnya, banyak ketidak jelasan dalam penyaluran subsidi dan juga dirinya menyoroti nasib tenaga honor di PPU.

“Karena kacaunya PPU ini gara-gara subsidinya tidak jelas, itu yang mau saya kembalikan dan kita tidak pernah menyentuh APBN. Nah, untuk masalah honor dan pegawainya juga akan kita perhatikan,” jelasnya.

Disinggung terkait dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), Andi Harahap mengatakan dirinya sejalan dengan IKN. Terutama pihaknya akan mengupayakan pembangunan PPU akan sejalan dengan IKN, setidaknya satu persen anggaran di IKN dapat dilimpahkan ke PPU untuk pembangunan.

“Karena kita daerah penyangga utama, parah betul kalau kita tidak dikasih. Nanti program yang kita jalankan itu ada program pertanian, perikanan, pertanian, peternakan, perkebunan, dan pariwisata,” terangnya.

Baca Juga:   Personel 11 Perangkat Daerah PPU Dilatih Jadi Call Taker Layanan Darurat 112

Dalam kesempatan ini, dia juga membeberkan bagaimana dirinya berkiprah di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur. Dirinya, melalui APBD telah mengusulkan bantuan pembangunan PPU sebesar Rp 135 miliar.

Namun untuk langkah awal, pihaknya akan melakukan stabilisasi Pemkab PPU yang akan bersinggungan dengan IKN. Terutama di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan perikanan untuk menyangga IKN.

“Saya pertama membantu PPU ini kan sebesar Rp 135 miliar untuk pembangunan dan kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Terkait dengan Calon Wakil Bupati, Andi Harahap mengatakan dirinya akan melakukan survei terkait dengan penentuan dari tiga calon yang telah melamar tersebut. Pendaftaran akan berlangsung di Mei 2024 mendatang, sehingga paska pendaftaran pihaknya akan segera melakukan konsolidasi politik.

“Dari nama-nama calon wakil bupati yang melamar itu nanti akan dilakukan survei, untuk menentukan dari tiga orang itu dan Harapannya jika ingin PPU maju, maka harus mendukung saya,” tandasnya.

Penulis: Nelly Agustina
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER