spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masih di Gari Merah, Disdikpora PPU Targetkan Grafik Kasus Perundungan Menurun ke Garis Hijau

PPU – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Penajam Paser Utara (PPU), Andi Singkerru sebut grafik perundungan di sekolah harus turun ke garis hijau. Dalam artian, setiap sekolah harus menjamin ruang aman terwujud di setiap sekolah.

Andi membenarkan pihaknya diberikan arahan oleh Pj Bupati PPU, Makmur Marbun untuk menurunkan angka perundungan di sekolah. Berdasarkan informasi dari pejabat kepala dinas sebelumnya, kondisi perundungan di PPU berada di garis merah.

“Berdasarkan laporan dari kadis lama memang grafik perundungan kita masih di garis merah,” terangnya (06/03/2024).

Ia menjelaskan, berdasarkan pengamatannya secara langsung pun kerap kali menemukan potensi perundungan di antara siswa. Dicontohkan, dalam kunjungan menemukan anak-anak yang bermain dan saling senggol, sehingga jika dibiarkan akan berlanjut menjadi perkelahian. Bahkan, sangat berpotensi para siswa membentuk kelompok-kelompok dan melakukan perundungan.

“Memang begitu awalnya, saling olok, senggol-senggol jadi kesempatan merundung,” tambahnya.

Disinggung terkait dengan ancaman pencopotan kepala sekolah oleh Pj Bupati PPU, dia akan berupaya menyurati setiap sekolah untuk memberikan rasa aman untuk semua anak. Menurutnya, para guru pun harus lebih mengutamakan hati dan menanamkan kelembutan kepada setiap anak.

Baca Juga:   Tugaskan Personel di Wilayah Terbawahm Polres PPU Launching Polisi RW

“Saya pernah menyampaikan kepada guru untuk memberikan contoh, tetapi saya dibantah, maka guru bukan hanya mampu menasehati tapi juga implementasi,” ungkapnya.

Bahkan lebih lanjut, dia berharap dapat bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk mewujudkan ruang aman di sekolah. Salah satunya dengan sinergisitas dengan Psikolog dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terkait dengan keadaan psikis para siswa.

“Harusnya memang saling sinergi kita ini. Karena ini kan permasalahan bersama,” pungkasnya.

Penulis: Nelly Agustina
Editor: Nicha

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER