spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tanam 200 Pohon Cabai, TP PKK PPU Dukung Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

PPU – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Penajam Paser Utara (PPU) ikut terlibat menyukseskan kegiatan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia. Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke-52 2024, dengan melakukan penanaman 200 pokok cabai.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Sekretariat TP PKK PPU, Kilometer 9 Nipah-Nipah Senin (4/3/2024). Gerakan yang juga dilakukan secara Nasional ini dipimpin langsung Ketua TP PKK, PPU, Linda Romauli Siregar yang diikuti sejumlah Organisasi Peringkat Daerah (OPD) terkait dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa di Benuo Taka.

Linda menuturkan bahwa gerakan kali ini mengususng tema bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju. Acara ini di buka secara simbolis oleh Ibu Negara Republik Indonesia dan Ketua TP PKK Pusat di Kota Bogor secara daring (online).

“Tim Penggerak PKK kabupaten PPU bekerjasama dengan Dinas Pertanian PPU,” katanya.

Gerakan tanam cabai ini dilakukan akibat adanya kenaikan inflasi pada akhir 2023 yang dipicu oleh komoditas cabai. Langkah ini diwujudkan guna untuk membantu menurunkan angka inflasi, menjaga ketersediaan pangan keluarga, meningkatkan kualitas gizi masyarakat, menurunkan angka stunting dan angka kemiskinan.

Baca Juga:   Rangkaian Mods Mayday 2024 "Bervespa di Nusantara", Pecinta Vespa Gelar Aksi Tanam Pohon

Lewat kegiatan ini pula, pemerintah daerah ingin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan. Melalui gerakan menanam cabai, upaya pemenuhan kebutuhan rumah tangga, pengurangan pengeluaran rumah tangga dan peningkatan pendapatan keluarga.

Menurutnya, penanaman cabai tidak terbatas pada lahan yang luas. Tetapi juga bisa di lakukan di pekarangan bahkan apabila ada keterbatasan pekarangan maka juga bisa dengan pot, yang akan menambah estetika halaman.

“Saat ini kita menanam simbolis 200 pohon batang cabai yang 3 diperkirakan bulan ke depan kita bisa menikmati hasilnya,” jelas dia.

Hasil dari pemanfaatan pekarangan ini, sambung Linda, bisa digunakan untuk menerapkan ‘isi piringku’. Sebagai implementasi dari pola konsumsi Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan memenuhi angka kecukupan energi bagi keluarga.

‘Isi Piringku’ adalah program yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan untuk menggantikan program sebelumnya. Yaitu ‘4 sehat 5 sempurna’. Program ini mengedepankan konsumsi gizi seimbang.

‘Isi Piringku’ menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. Juga menekankan untuk membatasi gula, garam, dan lemak dalam konsumsi sehari-hari.

Baca Juga:   PPU Tambah Stok Ternak untuk Tekan Kenaikan Harga Jelang Iduladha

Ke depan TP PKK PPU juga akan melaksanakan gerakan tanam cabai serentak di PPU. Bekerjasama dengan Dinas Pertanian sebagai upaya pemerintah dalam pengendalian inflasi, dimana komoditas cebai bagian dari penyumbang inflasi.

Gerakan ini dicanangkan untuk selalu dilaksanakan secara masif sebagai kampanye gerakan tanam cabai di PPU. Sekaligus menjawab tantangan kebutuhan pangan yang semakin meningkat seiring dengan akan berpindahnya ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diperkirakan sebanyak 12.000 jiwa pada bulan Juni nanti.

“Ini bagian dari peluang bagi kita semua untuk memepersiapkan dan menangkap setiap potensi, tak lepas dari peran organisasi wanita yang selalu giat dalam mendukung ketahanan keluarga,” tutup Linda. (ADV/Humas/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER