spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Resmikan Terminal Samarinda Seberang, Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Transportasi Umum untuk Atasi Kemacetan

SAMARINDA – Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Samarinda Seberang di Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang, Rabu (28/2/2024). Terminal ini akan melayani rute Samarinda-Banjarmasin.

Acara yang dimulai sejak pukul 17:00 WITA tersebut dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan penghargaan dan cintanya kepada masyarakat Kaltim, khususnya Samarinda. Selain itu, ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap kemacetan yang terjadi di berbagai kota, termasuk Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Presiden menekankan perlunya meningkatkan penggunaan transportasi umum untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Ia memberi contoh kondisi di Jakarta, yang meskipun telah memiliki berbagai moda transportasi massal, masih mengalami kemacetan.

“Kalau di Jakarta, macetnya sudah bertahun-tahun, padahal sudah ada KRL, MRT, kereta cepat, dan Transjakarta, itu pun masih macet di semua titik,” ungkapnya.

Pembangunan Terminal Samarinda Seberang diapresiasi sebagai langkah positif. Wali Kota Samarinda, dalam komentarnya, mencatat perubahan signifikan dari kondisi terminal yang dulunya kumuh dan tidak tertata. Kebersihan dan keteraturan terminal diharapkan mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi umum.

Baca Juga:   Tindak Lanjut SPBE, Marbun Inginkan Segera Dilakukan Sosialisasi Aplikasi

Presiden berharap pembangunan tersebut dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di luar Jakarta. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat beralih menggunakan transportasi umum untuk mengatasi kemacetan yang melanda berbagai kota di Indonesia.

“Oleh sebab itu, ini lebih baik, saya lihat, saya senang terminalnya bersih, terminalnya rapi, tertata, diharapkan ini mendorong masyarakat untuk berbondong-bondong menggunakan transportasi umum,” ujarnya.

Dengan penuh semangat, Presiden Jokowi meresmikan Terminal Samarinda Seberang sebagai langkah penting dalam pengembangan transportasi umum di Provinsi Kaltim.

“Dengan ini, saya resmikan Terminal Samarinda Seberang,” pungkasnya.

Selain itu, kedatangan Jokowi sejak sore sudah banyak ditunggu oleh masyarakat, bahkan banyak yang ingin berfoto bersama untuk kenang-kenangan bersama presiden ke-7 ini. (Han)

Penulis: Hanafi
Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER