spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengaliran Sawah Sulit, Alasan Petani PPU Alih Fungsi ke Perkebunan Sawit

PPU – Banyaknya pengalihan fungsi lahan persawahan ke perkebunan menjadi problem
Tersendiri bagi petani Babulu Penjam Paser Utara (PPU), alih fungsi ini di ketahui sudah terjadi beberapa tahun terkahir.

Seketaris Komisi II DPRD PPU, Sujiati mengatakan bahwa sudah banyak terjadi alih fungsi lahan persawahan ke perkebunan di Daerah pemilihannya tersebut. Hal tersebut terjadi karena para petani kesulitan air untuk pengairan lahan persawahannya sehingga memutuskan beralih ke perkebunan.

“Mereka menanam sawit karena tidak ada air, bagaimana mau menanam padi,” ujarnya, Jumat (10/11/2023).

Lanjutnya, para petani di Babulu terpaksa harus melakukan alih fungsi lahan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Dari perkebunan kelapa sawit mereka mendapatkan pendapatan lebih untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sedangkan berharap dengan berharap padi tidak ada air,” ungkapnya.

Sujiati berharap rencana pembangunan Bendung Sungai Telake di Kabupaten Paser dilanjutkan. Berapa tahun lalu rencana pembangunan sudah sempat bergulir, namun prosesnya dihentikan.

“Waktu lalu sudah berproses tapi dialihkan ke IKN dengan alasan pasokan air di sana harus utama, sekarang kan sudah selesai harusnya kembali utamakan demi berjalannya persawahan yang menjadi lumbung Padi PPU yaitu persawahan Babulu,” pungkasnya. (ADV/NRD)

Baca Juga:   Pj Bupati Ditolak Karena Bulan Tokoh Lokal, Hamdam; Karena Belum Kenal Saja
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER