spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPU Ikuti Verifikasi Lapangan Evaluasi Pengarusutamaan Gender 2023

PPU – Pemkab Penajam Paser utara (PPU) menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (VL) evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) 2023. Tim dari Kementerian Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI Indonesia Selasa (7/11/2023).

Kegiatan ini merupakan lanjutan evaluasi PUG tahap pertama yaitu evaluasi mandiri (EM) dan tahap kedua yaitu verifikasi adminstrasi. Tampak hadir dalam kegiatan, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) PPU Ahmad Usman, Ketua Tim Penggerak PKK Linda Romauli Siregar, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perangkat daerah dan stakeholder terkait.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Ahmad Usman dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dating kepada tim verifikasi dari Kementerian PPPA. “Semoga kehadirannya dapat memotivasi bagi kami dalam melaksanakan pembangunan kemasyarakatan di PPU,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelibang). Khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), yang juga sebagai driver PUG.

Usman berharap semua kegiatan di seluruh perangkat daerah dapat terus dilaksanakan, strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan antara perempuan dan laki-laki dan perlindungan anak harus terwujud sesuai dengan visi dan misi.

Baca Juga:   Komisi I DPRD PPU Dorong Perusahaan Rekrutmen Tenaga Kerja Lokal Sesuai Perda

Ia juga menambahkan, selain melaksanakan kegiatan, juga harus menyediakan fasilitas sarana dan prasarana yang responsif gender, diantaranya ruang laktasi, ruang bermain anak, toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan, juga menyiapkan kursi roda dan lainnya untuk penyandang disabilitas.

“Saya mengimbau agar perangkat daerah yang ditunjuk sebagai perwakilan pemerintah daerah dalam proses verifikasi lapangan agar dapat melaksanakan proses verifikasi dengan sebaik-baiknya agar PPU dapat memperoleh prestasi,” bebernya.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa semua harus bergerak aktif dan mengikuti semua proses dengan sebaik-baiknya. “Kita berharap bisa kembali mendapatkan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) dan dapat meningkatkan kategorinya yang semula Pratama menjadi Madya,” pungkasnya. (ADV/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER