spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DP3AP2KB PPU Ikut Dorong Target ARG Kaltim

PPU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Penajam Paser Utara (PPU) ikut mendorong target Anggaran Responsif Gender (ARG) Kalimantan Timur (Kaltim).

Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) merupakan salah satu cara untuk memberi kepastian  bahwa melalui  kebijakan, program dan kegiatan perangkat daerah. Bahwa perempuan, laki laki, anak, lansia, ibu hamil, dan disabilitas memperoleh kesempatan yang sama dalam akses, partisipasi, manfaat dan kontrol dalam pembangunan.

Pada  2022 capaian Anggaran Responsif Gender (ARG) Kalimantan Timur yaitu 11,38 persen atau mengalami peningkatan dari tahun 2021 sebesar 4 persen. Sedangkan pada semester satu tahun 2023 masih berada jauh dibawah target  14 persen.

Mengingat pentingnya ARG dalam keberhasilan pembangunan, perangkat daerah harus memastikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tidak ada satupun yang terlewat. Perempuan dan laki laki  mempunyai kesempatan yang  sama dalam pembangunan.

“Untuk itulah DP3AP2KB Penajam Paser Utara (PPU) ikut mendorong hal tersebut,” kata Kepala DP3AP2KB PPU, Chairur Rozikin.

Upaya yang sudah dlakukan yaitu bekerjasama dengan BPSDM melaksanakan Dilkat PPRG bagi Kasubbag Perencanaan setiap perangkat daerah. Penguatan PPRG perangkat daerah baik pengelola kegiatan maupun vocal point. Pendampingan perangkat daerah melalui Klinik Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (Klinik Si Gen) yang berada di DKP3A Kaltim

Baca Juga:   DLH PPU: CV PMA Wajib Tanggung Jawab Atasi Dampak Polusi Udara Aktivitas Tambang Batu Bara di Sesulu

Lebih lnajut, saat ini terdapat kesenjangan pembangunan dari sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan, politik dan hukum. Hal tersebut yang mempengaruhi capaian Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Kalimantan Timur masih dibawah rata-rata nasional.

“Ini menjadi tugas bersama untuk meningkatkan capaian IDG dan IPG Kaltimantan Timur. Dan berharap, perangkat daerah yang menjadi anggota pokja PUG dapat berpartisipasi secara optimal untuk mencapai target kinerja yang sudah ditetapkan,” tutupnya. (ADV/RM)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER