spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seleksi Tertulis 22 Cakades PPU Digelar, 7 Orang Gugur

PPU – Sebanyak 22 orang bakal calon kepala desa (cakades) mengikuti seleksi tertulis, Senin (9/10/2023). Para Cakades tersebut berasal dari tiga desa yang menggelar Pemilu Kepala Desa (Pilkades) 2023.

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU itu yakni diikuti Desa Giripurwa Kecamatan Penajam sebanyak  9 orang, Desa Gunung Intan Kecamatan Babulu 7 orang dan desa Labangka Barat Kecamatan Babulu sebanyak 6 orang.

“Sesuai ketentuan, jika di satu desa memiliki bakal calon kepala desa lebih dari 5 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berkas pada saat proses pendaftaran, maka dilakukan seleksi tambahan,” jelas PJ Bupati PPU Makmur Marbun.

Ia juga menekankan pentingnya proses seleksi yang fair-play (sportif). Dalam hal itu, Pemkab PPU menghadirkan langsung tim independen dari Indonesian Center For Legistative Drafting (ICLD) Universitas Indonesia (UI).

Adapun dari 22 cakades yang mengikuti tes, masing-masing desa diloloskan calon berjumlah 5 orang. Dengan begitu, hasil tes kali ini hanya akan mengambil 15 orang cakades, dan menggugurkan 7 orang sisanya dengan nilai terendah.

Baca Juga:   Komisi II DPRD PPU Apresiasi Rangkaian Kegiatan HUT Ke-21

Hal ini tentu didasari pada beberapa pertimbangan. Di antaranya, lanjut Makmur, untuk memberikan jaminan dan keyakinan kepada peserta ujian bahwa seleksi ini benar-benar objektif.

Kemudian tanpa ada unsur kepentingan. Tidak ada campur tangan ataupun intervensi dari pihak manapun. “Saya tidak mau melakukan seleksi kalau dalam prosesnya ada yang main mata. Oleh karena itu, hari ini saya harus panggil tim yang independen untuk melakukan seleksi ini,” tegasnya.

Sekadar informasi, pada 2023 ini akan diselenggarakan Pilkades serentak di PPU. Diikuti oleh 14 desa yang tersebar di 4 kecamatan.

Sesuai matriks tahapan yang telah berjalan, pelaksanaan pemungutan suara akan dilaksanakan pada tangga 29 Oktober 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Makmur mengapresiasi antusiasme peserta cakades di PPU. Pasalnya di beberapa desa pesertanya melebihi jumlah yang ditentukan.

“Saya berharap keinginan menjadi kepala desa itu bukan hanya karena tertarik dengan besarnya anggara yang ada di desa. Tetapi lebih dari itu mampu membawa kemajuan bagi daerahnya khususnya desa yang dipimpin nantinya,” pungkasnya.

Baca Juga:   Siap-siap, Bawaslu PPU Segera Buka Pendaftaran 54 Pengawas Kelurahan-Desa

Pewarta : Nur Robbi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER