spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BLK Komunitas Gelar Pelatihan Berbasis Komptensi ke Pelaku UMKM

PPU – Balai Latihan Kerja Komunitas Aulia Hutama Humairoh, menggelar pelatihan untuk berwirausaha, Senin (9/10/2023). Kegiatan ini digelar dalam upaya mendorong kapasitas masyarakat berbasis kompetensi.

Berkedudukan di Kelurahan Waru, pelatihan ini bermitra dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda. Ketua Panitia, Yuli Antoni mengatakan pelatihan kali ini diikuti 16 peserta.

Mereka dinilai memiliki semangat untuk mendapatkan peluang yang lebih luas. “BLK Komunitas ini mendorong upaya nilai dan manfaat sejauh mana peserta ini bisa memberikan perluasan kesempatan kerja,” tuturnya.

Yuli menyebutkan, kegiatan ini sebagai wadah dalam menciptakan pengusaha baru bagi pelaku UMKM lokal. Pun pihaknya melihat potensi hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan proyeksi migrasi penduduk besar.

Gelaran ini juga sejalan dengan langkah Pemkab PPU untuk mempersiapkan masyarakatnya dalam hadirnya IKN. Yakni salah satunya dengan meningkatkan kompetensi siap bekerja dan berperan.

“Kami mendorong selama 30 hari ke depan, sejauh mana upaya untuk memaksimalkan pelatihan itu bisa terserap secara langsung dan bisa diimplementasikan ketika selesai dari pelatihan,” jelas Yuli.

Baca Juga:   Para Pekerja IKN Terima Imunisasi Covid-19

Lebih lanjut, hadirnya BLK Komunitas juga dianggap sebagai wadah diskusi. Jadi tak hanya sebagai tempat pelatihan namun dapat memberikan sebuah solusi dan tantangan.

“Upaya kerja sama melalui jejaring kemitraan, untuk Kita bisa suplai kebutuhan di pemerintah atau di masyarakat,” tutur Yuli.

Selain dari itu, adanya BLK komunitas tengah mempersiapkan pilot project hasil pelatihan ini. Produk unggulan terkait dengan hasil pelatihan menjadi harapan utama pihaknya terhadap para peserta.

“Tidak hanya mampu sebagai karyawan, tetapi juga bagaimana kami menciptakan pengusaha baru di bidang UMKM,” pungkasnya.

Pewarta : Nur Robbi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER