spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tekan Stunting dan Dampak El-Nino, Bantuan 296 Ton Beras Disalurkan ke PPU

PPU – Sebanyak 9 ribu lebih keluarga berisiko stunting (KRS) di Penajam Paser Utara (PPU) menerima bantuan beras. Tahun ini, ada sebanyak 296 ton beras dalam program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Pusat yang digelontorkan.

Penyaluran CPP ini dalam upaya penanganan stunting di Benuo Taka. Namun, pemberian kali ini juga diperuntukkan bagi warga yang terdampak kondisi cuaca ekstrem, El-Nino.

Acara launching pendistribusian CPP Pusat berlangsung di Gudang Bulog Labangka Kecamatan Babulu, Rabu (13/9/2023). Asisten III Setkab PPU Ahmad Usman menuturkan pemberian bantuan ini untuk menekan prevalensi stunting di PPU.

“Bantuan ini harus tepat sasaran. Kami akan memastikan bahwa setiap keluarga penerima manfaat mendapatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Kerja sama dan transparansi dalam proses distribusi sangat penting untuk memastikan efektivitas program ini,” jelasnya.

Dalam program ini, tepatnya sebanyak 9.899 keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi penerima. Tersebar di 54 desa/kelurahan di PPU.

Adapun beras yang disiapkan ialah 296.970 kilogram (296,97 ton) beras yang berasal dari Bulog. Masing-masing dari keluarga itu, menerima 10 kilogram beras tiap bulan selama 3 bulan. Dimulai pada September hingga November 2023.

Baca Juga:   Antisipasi Konflik Antar Warga, Polres PPU Dorong Pemerintah Daerah Terbitkan Perda Penertiban Hewan Ternak

“Seluruh proses penyaluran CPP akan diawasi dengan ketat untuk memastikan bahwa bantuan ini benar-benar sampai kepada yang membutuhkan,” tegasnya.

Untuk diketahui, stok CPP yang ada di Gudang Bulog wilayah PPU dan Paser mencapai 1.105 ton. Itu diperkirakan dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat hingga akhir tahun.

“Dengan langkah ini, diharapkan masalah stunting dapat diminimalisir, dan kualitas hidup masyarakat dapat meningkat,” kata Usman.

Tak hanya itu, penyaluran CPP ini juga sejalan dengan upaya penanganan dampak cuaca kemarau dan fenomena El Nino yang cukup ekstrem dalam beberapa waktu terakhir. Ia berharap bahwa program penyaluran CPP ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat PPU, dalam membantu mengatasi permasalahan stunting yang telah lama menjadi perhatian bersama.

“Pemkab PPU berkomitmen untuk melaksanakan penyaluran CPP ini sesuai dengan prinsip-prinsip good governance dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

Pewarta : Nur Robbi Syai’an
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER