spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gerakan PPU Sumbang Buku untuk Peringatan Bulan Gemar Belajar

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) mengadakan gerakan sumbang buku tahun ini. Gerakan ini untuk memperingati Hari Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan yang diperingati setiap 14 September.

Melalui Dinas Perpusatakaan dan Arsip (Dispusi) PPU, gerakan ini telah dijalankan sejak Agustus hingga September. Dalam gerakan ini menitik beratkan tujuan untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Benuo Taka.

Kepala Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispusip PPU Indah Rumainiyah menuturkan gerakan ini ditujukan kepada seluruh masyarakat PPU. Wabil khusus dimulai dari instansi-instansi di lingkungan Pemkab PPU.

“September ini momen yang sangat bagus yaitu memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan, tepatnya setiap tanggal 14 September. Jadi kami membuat Gerakan Sumbang Buku,” terang dia, Rabu (30/8/2023).

Sebenarnya selama ini di luar kegiatan ini pun, ada masyarakat yang memang gemar menyumbangkan buku-buku yang masih bagus. Mulai buku-buku cerita anak dan berbagai buku lainnya.

Selain Gerakan Sumbang Buku, Dispusip PPU juga memiliki program Silang Layang yang bekerja sama dengan 9 lembaga di PPU. Yakni taman baca masyarakat, instansi vertikal seperti Kejari PPU, Perumda Air Minum (PAM) Danum Taka hingga ke kelurahan-kelurahan, desa dan beberapa sekolah.

Baca Juga:   DP3AP2KB PPU Terus Sosialisasikan pencegahan KTP/A serta TPPO

Silang Layang ini merupakan program untuk meminjamkan buku ke suatu lembaga. Setelah 3 bulan buku-buku tersebut akan diambil kembali untuk diganti dengan judul yang baru.

“Itu namanya silang layang atau sirkulasi buku. Persyaratannya, dari lembaga tersebut harus punya buku juga, kemudian supaya buku-buku itu ada buku-buku yang baru,” ujar Indah.

Salah satu yang menjalankan program ini ialah Puskesmas Gunung Intan. Jadi masyarakat datang untuk pemeriksaan kesehatan, sambil menunggu antrean bisa membaca buku.

“Untuk bisa mengikuti program ini, bisa dengan mengajukan untuk kerja sama Silang Layang. Nantinya, hasil dari gerakan sumbang buku akan kami gunakan juga untuk silang layang,” sebut dia.

Lebih lanjut, Indah menambahkan, buku-buku yang akan disumbangkan dapat berupa buku fiksi dan non fiksi yang masih layak pakai. Serta tidak mengandung unsur pornografi serta tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Posko penerimaan sumbangan buku iniberada di Kantor Dispusip PPU yang beralamat di Jalan Korpri No.09 Kelurahan Nipah-Nipah Kecamatan Penajam. Pun, tidak ada batas waktu untuk pengumpulan.

Baca Juga:   Kepala Otorita IKN Soroti Pentingnya Kerja Sama Internasional dan Pengelolaan Air yang Berkelanjutan di Forum Bandung Spirit Water

“Biasanya dinas-dinas kalau ada kegiatan seperti ini tidak terlalu lama, pasti segera untuk mengumpulkan, kalau misalnya bukunya banyak, bisa dikomunikasikan agar bukunya bisa kita jemput dan bisa juga datang kesini,” pungkas Indah. (SBK)

Pewarta : Nur Robbi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER