spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringatan Tahun Baru Islam 2023, Pemkab PPU Pastikan Kesiapan Kedatangan UAS

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) berencana mendatangkan kembali Ustaz Abdul Somad (UAS) akhir bulan ini. Pemkab PPU telah memastikan kelancaran datangnya salah satu ustaz kondang di Tanah Air ini dan dapat menyapa langsung masyarakat Benuo Taka.

Kedatangan UAS kali ini ialah dalam rangka perayaan Tahun Baru Islam yang digelar resmi oleh pemerintah daerah. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab PPU Nurbayah mengungkapkan datangnya UAS ini merupakan pilihan masyarakat.

“Kali ini Kami mengundang UAS dalam rangka Tahun Baru Islam. Ini atas kerjasama pemerintah daerah serta masyarakat di wilayah kecamatan penajam khususnya pengurus PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) Petung,” kata dia, Selasa (25/7/2023).

Kedatangan UAS dijadwalkan pada Sabtu (29/7/2023) pukul 13.00 Wita bertempat di Masjid Al-Falah Petung. Di sana UAS bakal memimpin tabligh akbar dan mengisis tausiyah dengan tema ‘Mari Kita Wujudkan Persaudaraan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Warthoniyah dan Ukhuwah Basyariah’.

“Ini kita bekerjasama dengan Polres PPU untuk pengamanannya. Kemudian masyarakat juga sangat mendukung,” imbuh dia.

Dalam peringatan 1 Muharram 1445 hijirah ini, setidaknya diperkirakan dihadiri 3.000 masyarakat. Untuk itu, lokasinya nanti dibuat maksimal agar bisa menampung banyak orang.

Baca Juga:   Trail Community PPU Gelar event Trabas Keliling Penajam #5, Kenalkan Sirkuit Baru di Serambi Nusantara

“Kami sudah gelar beberapa kali rrapat bersama beberapa OPD yang terlibat. Baik itu Polres, Satpol-PP dan tokoh-tokoh yang ada di masyarakat PPU, untuk persiapan agenda ini,” terang Nurbayah.

Tempat yang digunakan nantinya dialah di Halaman Masjid Al-Falah Petung yang tepatnya berada di Kilometer 15 Jalan Provinsi Kaltim-Kalsel. Hal ini mempertimbangkan jumlah jemaah yang bakal menghadiri acara tersebut.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan layar monitor agar masyarakat tetap bisa melihat dan mendengar ceramah yang disampaikan UAS. “Area masjid luar yang akan digunakan, dibuat panggung. Kemudian denah parkir juga sudah diatur oleh kelurahan. Kita juga bekerjasama Kominfo, yakni menggunakan layar tancap dan sound sistem,” jelas dia.

Sekadar informasi, kedatangan UAS ke PPU bukan kali pertama terjadi. Menurut catatan media ini, UAS sempat datang pada Juni 2021 lalu. Selain memberikan tausiyah di Masjid Agung Al-Ikhlas Penajam, ia turut meresmikan pendirian Pondok Pesantren Tahfidz Roudhotul Quran di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru.

Diketahui pula dalam lawatannya ke Kaltim tahun ini, selain di PPU UAS juga bakal hadir pada tanggal yang sama di Kecamatan Sangasanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Baca Juga:   20 Finalis Duta Wisata 2024 Terpilih, Siap Berkontestasi di Malam Grand Final

Lebih lanjut, Kelurahan Petung memastikan kesiapan penyelenggaraan acara ini. Lurah Petung, Achmad Fitriyadi berharap seluruh persiapan yang telah dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

“Bapak Amin dipercaya sebagai ketua pelaksana kegiatan tersebut. Teknis pelaksanaan mulai dari rekayasa lalulintas, penanganan sampah, kantung-kantung parkir sudah dirapatkan. Untuk toilet, nanti dapat menggunakan rumah warga sebagai WC warga untuk digunakan sebagai fasilitas umum,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER