spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Harga Kebutuhan Pokok Berpotensi Naik Jelang Iduladha 2023

PPU – Beberapa komoditas pasar di Penajam Paser Utara diprediksi meningkat jelang Hari Raya Idul Adha  2023. Walau begitu pemerintah daerah menilai kenaikan harga masih diambang batas wajar.

Kepala Dinas KUKM Perindag PPU, Saidin memastikan hingga kini belum ada kenaikan harga bahan pokok di pasaran. Bahan pokok yang tersedia di sejumlah pasar tradisional terpantau masih dijual dengan harga normal.

Namun kenaikan harga diyakini bakal terjadi seiring mendekati perayaan Lebaran Kurban 1444 Hijriah tersebut. “Biasanya kenaikan harga baru akan terjadi pada dua hari menjelang hari raya. Kalau kenaikan harga jelang Idul Adha itu susah dibendung,” ungkapnya, Selasa (6/6/2023).

Beberapa komoditas itu di antaranya seperti daging sapi, daging ayam potong, telur, hingga bumbu dapur. Kenaikan harga karena biaya pengiriman menjadi yang paling sering terjadi, mengingat bahan pokok masih bergantung dari luar daerah.

“Itu karena berbagai faktor, mungkin karena komoditi langka, atau mungkin karena transportasinya yang mengalami kenaikan,” terangnya.

Jika berkaca dari perayaan tahun lalu, Saidin meyakini kenaikan masih dalam ambang wajar. Pada masing-masing komoditas itu, kenaikan berkisar dari Rp 3 ribu hingga Rp 10 ribu.

Baca Juga:   Pengisian Kepala Disdukcapil PPU Masih Tunggu Rekomendasi Menteri

Adapun berkaitan dengan itu, Dinas KUKM Perindag telah mempersiapkan strategi andalannya untuk mengantisipasi kenaikan signifikan. Yakni dengan program pasar murah.

“Pasar murah merupakan upaya agar pedagang tidak menaikkan harga secara berlebihan. Namun titiknya belum dipastikan,” tutup Saidin. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER