spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PUPR Bangun Embung di IKN, Target Rampung Bulan Ini

JAKARTA  -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Embung Mentawir yang ditargetkan rampung pada akhir Januari 2023 ini. Embung ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air yang mendukung Pusat Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dikutip dari Instagram Kementerian PUPR, Rabu (11/1/2023), pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan diawali dengan rehabilitasi hutan-hutan yang ada di sekitar kawasan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini bertujuan untuk mengembalikan identitas Kalimantan sebagai hutan tropis.

Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan Pusat Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur untuk penghijauan kawasan IKN yang nantinya akan memproduksi sekitar 15-20 juta bibit pohon.

“Kementerian PUPR memberikan dukungan dengan membangun Embung Mentawir sebagai prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon tersebut yang ditargetkan selesai pembangunannya pada akhir Januari 2023,” tulis Kementerian PUPR.

Pemanfaatan air baku ini bersumber dari embung yang berkapasitas tampung 160.000 m3 dan luas genangan 7,28 ha. Volume tampungan embung direncanakan mampu mendukung pemanfaatan pengambilan air berkapasitas 60 liter/detik.

Baca Juga:   BPOM RI Perbarui Daftar Obat Bahaya Tercemar EG, Inilah Daftarnya

Dibangun dengan kedalaman 2,5 m, embung ini memanfaatkan air Sungai Mandahan yang berlokasi di samping fasilitas persemaian selebar 5 m dengan kedalaman 0,5 m hingga 1 m dan debit 225 liter/detik.

Simak juga video ‘Rusia Berminat Investasi di IKN: Kami Punya Pengalaman Pindahkan Ibu Kota’ (*/dtc.acd/das)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER