spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mnta Anggaran ke Pemkab Paser, Polres Paser Bakal Terapkan ETLE

PASER – Tilang elektronik melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Paser bakal diterapkan pada tahun ini. Hal itu selaras dengan yang digagas Direktorat Lalu Lintas Polda Kaltim, dalam memperluas penerapan ETLE.

Penerapan sistem penegakan hukum lalu-lintas di wilayah terselatan Kaltim ini, memanfaatkan kamera CCTV  lewat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

Kapolres Paser, AKBD Kade Budiyarta menyatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan infrastruktur CCTV agar segera diterapkan. Kebijakan itu diperlukan mengingat daerah lain juga menerapkan hal yang sama.

“Sudah ada pembicaraan dengan Pemkab Paser terkait anggaran pengadaan infrastruktur e-tilang,” kata Kade Budiyarta, Senin (2/1/2023).

Sementara itu, Kasatlantas Polres Paser AKP Hari Purnomo menyebut, sudah ada 5 lokasi yang akan dipasang CTV, dan  sudah disampaikan ke Pemkab Paser.

Walau diakui kelima lokasi itu belum mencakup seluruh ruas jalan di Paser, namun penentuan lokasi itu berdasarkan rute kendaraan yang pasti padat dilewati pengendara, baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga:   11 Pengedar Diringkus Selama Operasi Antik Mahakam di Paser.

“Kami ajukan lima titik, paling tidak terakomodasi tiga titik,” kata Hari.

Lokasi pemasangan ETLE tersebut  berada di Jalan Jendral Sudirman Kilometer Nol di Tugu Usuk Bulau atau simpang lima Plaza Kandilo dan Kilometer 1, Jalan Ahmad Yani, Jalan Provinsi di Kecamatan Kuaro, Jalan Provinsi di Kecamatan Batu Sopang.

Pihaknya menyebut, penerapan ETLE di Paser bakal berdampak positif kepada pengguna jalan dengan kendaraan. Salah satunya mengurangi interaksi dalam proses tilang antara petugas dengan pengendara agar menghindari penyimpangan. “Juga menumbuhkan sikap disiplin masyarakat dalam berkendara,” pungkasnya. (bs)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER