spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

14 Desa di PPU Pilih Kades Baru Oktober 2023

PPU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Penajam paser Utara (PPU) dalam persiapan memulai tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) 2023. Sebanyak 14 kepala desa (kades) pada 2024 mendatang bakal segera habis masa jabatannya.

Tahapan tersebut akan dimulai pada Juli 2023 nanti. Tahapan dimulai dengan pembentukan panitia pemilihan tingkat desa, panitia pemilihan tingkat kecamatan, panitia tingkat kabupaten, penjaringan bakal calon, hingga verifikasi daftar pemilih.

“Tahapan baru dimulai padai Juli mendatang,” ungkap Kabid Pemerintahan Desa DPMD PPU Basri, Kamis (22/6/2023).

Dari 30 desa di PPU, 14 desa yakni Desa Labangka Barat, Gunung Intan, Rintik, Desa Labangka dan Gunung Mulia di Kecamatan Babulu. Kecamatan Penajam meliputi Desa Sidorejo dan Giripurwa, di Kecamatan Waru hanya Desa Bangun Mulya.

Sementara di Kecamatan Sepaku yakni Desa Bumi Harapan, Argomulyo, Semoi Dua, Sukomulyo, Telemow dan Karang Jinawi. “14 desa akan melangsungkan Pilkades pada 29 Oktober 2023 mendatang,” ujarnya.

Anggaran pemilihan kepala desa, masing-masing ditanggung oleh desa dan kecamatan. Dengan rincian, anggaran untuk operasional dan honorarium panitia ditanggung oleh desa.

Baca Juga:   Pemkab PPU Harap Lahir Inovasi Baru dari Lomba Inovda 2023

Sedangkan untuk biaya pencetakan surat suara, ditanggung oleh pemerintah kecamatan. Total anggaran yang digelontorkan dalam pelaksanaan Pilkades 2023 in sekira Rp 500 juta.

“Anggarannya dialokasikan oleh desa dan kecamatan,” tutup Basri. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER