spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

12 Anggota Panwascam Dilantik, Sekkab Ingatkan Integritas

PENAJAM – Sebanyak 12 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Penajam Paser Utara (PPU) dilantik, Kamis (27/10/2022). Setelah dilantik mereka akan aktif membantu kerja pengawasan di kecamatan hingga Pemilu serentak 2024.

Mereka terbagi dalam 4 kecamatan, dengan masing-masing 3 orang anggota. Selepas pelantikan, acara yang dipimpin Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) PPU, Edwin Irawan langsung diberi pembekalan.

“Kami atas nama Pemkab PPU mengucapkan selamat kepada seluruh anggota panwascam yang baru saja dikukuhkan,” ucap Sekkab PPU Tohar.

Ia mengharapkan, mereka yang dilantik untuk Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku bisa bersikap jujur dan adil. Utamanya saat bekerja pada Pemilu 2024 mendatang.

Pengambilan sumpah 12 Panwascam PPU, Kamis (27/10/2022).

Terkait sumpah dalam pengukuhan tersebut, sambungnya, yang menjadi poin pentingnya adalah fakta integritas. “Jadi pelantikan ini jangan menjadi pelengkap, atau seremonial belaka,” sebutnya.

Tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Satu persepsi yang harus dibangun dan dimulai ialah masyarakat menginginkan Pemilu tahun 2024 menghasilkan pemilu yang bermartabat. Oleh karenanya peran yang dimainkan di ruang lingkup publik mesti dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga:   Proyek Rumah Dinas Hampir Setengah Triliun Bakal Bergulir di IKN

“Yang dilaksanakan seperti apa itu harus dipahami sebagai Panwascam yang akan melaksanakan tugas ke depan,” ungkap Tohar.

Ketua Bawaslu PPU Edwin menerangkan, Panwascam adalah bagian dari manajemen politik. Menjadi pihak ketiga dalam mengawasi persiapan kontestasi politik.

“Setelah dilantik, mereka segera aktif dalam membantu kerja pengawasan di wilayah kerjanya masing-masing,” tutupnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER