spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dukung Pemenuhan Kebutuhan Pangan IKN, Pembangunan Bendung Telake Perlu Dilanjutkan

PPU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Dapil Waru-Babulu, Romah Rading berharap PPU dapat menjadi daerah swasembada beras. Sebagai kemampuan daerah dalam mengadakan sendiri kebutuhan pangan bagi masyarakat

Selain untuk kebutuhan daerah, PPU juga digadang-gadang menjadi daerah yang mendukung pemenuhan kebutuhan pangan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Oleh karena itu, PPU dianggap perlu memiliki infrastruktur yang dapat mendukung hal tersebut.

Roman menjelaskan PPU merupakan mitra daripada IKN yang harus diseriusi. Menurutnya, salah satu daerah yang berpotensi menjadi daerah swasembada beras adalah Kecamatan Babulu.

“Tentu tidak mungkin di Sepaku, tapi harapannya adalah Babulu. Tapi masih banyak yang perlu dibenahi di situ,” ucapnya.

Ia melihat salah satu solusi untuk mewujudkan hal tersebut melalui pengoptimalan pengairan dari Bendung Telake. Maka, penting menurutnya untuk segera melanjutkan pembangunan tersebut.

“Tanpa pengairan itu rawan. Karena air Kita zat asamnya sangat tinggi dan mengganggu keberhasilan tanaman pangan disana,” jelasnya.

Terlebih, Politisi PKS ini menjelaskan kontur daerah PPU secara geografis sangat berdekatan dengan laut. Sehingga tak jarang saat mencari pengairan yang bagus malah menemukan air asin. Hal tersebut merupakan hambatan yang nyata bagaimana sulitnya menanam padi juga palawija di daerah tersebut.

Baca Juga:   Pemkab PPU Perkuat Sinergitas Dalam Penyusunan RKPD Tahun 2025

“Maka solusi adalah Bendung Telake harus dilanjutkan, walaupun Kita memahami harus berkoordinasi dengan Kabupaten Paser agar segera melanjutkan pembangunan,” pungkas Roman. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER