spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menjadi Peringkat Pertama IDM Se-Kaltim, DPMD PPU Targetkan 9 Desa Maju menjadi Mandiri

PPU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Penajam Paser Utara (PPU) gencar melakukan peningkatan status. Rencananya ke depan ada sembilan desa dari Desa Maju akan didorong menjadi Desa Mandiri.

Upaya tersebut akan dilakukan melalui data Indeks Desa Membangun (IDM). Yang menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan Desa seluruh PPU.

Kepala DPMD PPU, Tita Deritayati menerangkan Desa Mandiri merupakan program yang melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan. Hal ini pula dapat dilihat dari peningkatan kualitas hidup masyarakat desa dan ketahanan dari sosial ekonominya.

“Untuk merubah status desa tersebut, Pemerintahan Desa harus dapat memenuhi sejumlah indikator yang sangat teknis,” terangnya, Rabu (2/10/2024).

Tidak hanya mengukur aspek ekonomi, akan tetapi mengukur pula dimensi sosial serta lingkungannya. Dengan demikian indeks ini dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kualitas hidup masyarakat desa.

“Pastinya Kerja keras Pemerintah Desa sangat diperlukan, guna merubah status maju ke mandiri ini,” ujarnya.

Diketahui bahwa sudah ada 21 Desa Mandiri di PPU. Berdasarkan data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendespdtt), PPU saat ini menempati peringkat pertama di Kalimantan Timur (Kaltim) dan peringkat 54 secara nasional dalam hal IDM dari 434 Kabupaten lain se-Indonesia.

Baca Juga:   Otorita IKN : Upacara Perdana HUT RI di IKN Hanya untuk Perwakilan Warga Terpilih

“Dengan adanya capaian ini, pasti memberikan semangat Kita tersendiri untuk membangun Desa lebih baik lagi, dengan menargetkan 9 Desa lainnya menuju Desa mandiri,” pungkas Tita. (ADV/NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER