spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo PPU Ingatkan Masyarakat Berpartisipasi Ciptakan Pilkada 2024

PPU – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berkomitmen untuk menciptakan suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang damai. Utamanya menyambut dengan bijaksana, khususnya dalam bersikap di media sosial (medsos).

Isu itu menjadi perhatian khusus bagi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU, Khairudin. Sebab, dalam Pilkada serentak tahun ini terdapat empat pasang calon (paslon) yang dinilai membuat suasana lebih riuh.

“Saya berharap kontestasi Pilkada 2024 menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga suasana kondusif di PPU,” ujarnya, Kamis (17/10/2024).

Belajar dari kontestasi sebelumnya, momentum Pilkada juga disertai kemungkinan adanya berita hoaks, isu sensitif terkait Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA), serta hal negatif lainnya. Oleh karena itu, ia mengimbau agar semua elemen masyarakat bersikap bijak dan arif dalam mendukung Pilkada damai di PPU.

“Artinya pemilu yang baik dilaksanakan dengan cara-cara yang baik pula. Karena semua masyarakat terlibat,” ucapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat PPU untuk bijak dalam memanfaatkan medsos atau ruang terbuka digital yang semakin mudah diakses seluruh warga PPU. Oleh karena itu, masyarakat PPU adalah bagian penting dalam menyukseskan Pilkada damai.

Baca Juga:   18 Partai di PPU Resmi Daftarkan Bacalegnya

Setiap orang perlu memahami konsekuensi dan tanggung jawab dalam pemanfaatan teknologi digital yang telah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk memahami Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Artinya kalau salah menyampaikan, maka akan berdampak bagi diri sendiri,” ungkap Khairudin.

Lebih lanjut, ia berharap Pilkada PPU dapat menjadi momentum untuk saling menguatkan persatuan antarwarga dan secara bersama-sama mencegah penyebaran berita hoaks serta isu negatif.

“Kami harap untuk pemberitaan yang sifatnya hoaks atau menyangkut isu SARA bisa diminimalisir atau bahkan tidak ada. Supaya masyarakat PPU lebih kondusif, merasa aman dan nyaman selama Pilkada,” terangnya.

Menurutnya, jika Pilkada 2024 di Kabupaten PPU berjalan dengan baik, hal tersebut dapat memacu peningkatan di berbagai sektor pembangunan daerah. Sebagai bagian dari Ibu Kota Negara (IKN), PPU akan disorot sebagai daerah yang mampu melaksanakan Pilkada 2024 secara demokratis dalam suasana kondusif.

“Sebagai bagian dari Ibu Kota Negara (IKN), PPU akan disorot secara nasional dan internasional,” pungkasnya. (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER