spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bijak Ilhamdani : Revisi RTRW PPU Fokus Pengembangan Berbagai Kawasan

PPU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Bijak Ilhamdani menyebutkan pihaknya akan kembali berfokus pada penyelesaian revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Ia memastikan terdapat beberapa sektor yang akan dikembangkan.

Salah satunya ialah sektor perumahan untuk menyambut perpindahan penduduk yang masif ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Bijak mengatakan selama ini Kabupaten PPU didominasi oleh sektor perkebunan.

Namun, di diskusi terakhir tim pansus, pihaknya akan mengurangi kawasan perkebunan dan menggantinya dengan perumahan. “Mengingat IKN ini, kebutuhan akan perumahan juga cukup besar,” tegasnya, Sabtu (12/10/2024).

Sehingga, secara perlahan Politisi Partai Demokrat ini mengatakan dalam RTRW terbaru akan perlahan menggeser perkebunan menjadi pemukiman. Selanjutnya, terdapat beberapa wilayah tertentu yang akan dijadikan sebagai kawasan pariwisata.

“Mohon maaf kita sampaikan secara real bahwa ada beberapa potensi yang lebih menguntungkan disana. Contoh garis pantai kita,” ungkap Bijak.

Menurutnya, selama ini kawasan pantai hanya berfokus pada pariwisata saja. Padahal disebutkan kawasan lautan PPU memiliki potensi besar di perikanan.

Baca Juga:   Puji Ketahanan Fisik Waris Muin, Mudyat: Beliau Lebih Kuat Lari daripada Saya!

“Kalau bicara pariwisata, pantai kita bagus, tapi air kita tidak mendukung. Mau direkayasa geologis gimanapun, gak akan bisa karena dihulunya sudah seperti itu, kalau direkayasa tapi hulu ngirim terus menerus, ya akan sia-sia juga,” pungkasnya. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER