spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Momentum Pengembangan Ekonomi Lokal Berkelanjutan, Festival Seafood Babulu Laut Ke-4 Resmi Dibuka

PPU – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Muhammad Zainal Arifin membuka pagelaran Festival Seafood ke-4 di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Rabu (25/09/2024). Dengan dikenalnya wilayah Babulu Laut sebagai destinasi wisata kuliner berbasis seafood, acara rutin ini diharapkan akan mendorong pengembagan UMKM daerah.

Pusat kegiatan berlangsung di yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Desa Babulu Laut. Festival kuliner ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan makanan khas desa, tetapi juga menjadi upaya nyata dalam mendukung, memperkenalkan, dan mempromosikan berbagai produk lokal.

Acara Festival Seafood ke-4 tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Babulu Laut, bekerjasama dengan Karang Taruna yang ada di wilayah Babulu Laut. Acara tersebut dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 25 – 28 september 2024.

Membuka acara, Pj Bupati PPU Muhammad Zainal Arifin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap pelaksanaan acara tersebut. Karena dengan terlaksananya festival ini, secara otomatis akan mendorong pergerakan ekonomi di wilayah tersebut dan juga sebagai sarana promosi wilayah yang memiliki potensi di bidang perikanan kelautan.

Baca Juga:   Komisi II DPRD PPU Ungkap Pentingnya Fasilitas Disabilitas di Instansi Pelayanan Publik

“Kami berharap dengan adanya festival ini dapat menjadi momentum untuk pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan di Wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya di Desa Babulu Laut. Sehingga nantinya wilayah Babulu Laut dapat dikenal luas sebagai wilayah penghasil produk laut yang menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara,” ujarnya.

Dalam puncak acara pembukaan festival seafood tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Zainal Arifin, dan memberikan potongan pertama kepada Ketua Panitia Acara sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Festival Seafood #4 Desa Babulu Laut.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kab. PPU, Asisten 1 Kab. PPU, Camat Babulu, Kades Babulu Laut, Perwakilan Polres, Perwakilan Kodim, Kepala Dinsos, Perwakilan Kepala Desa se Babulu, Perwakilan Balai Konservasi Mangroove dan Tokoh Masyarakat setempat.

Sementara itu, Camat Babulu, Kansip mengapresiasi acara Festival Seafood ke-4 tersebut yang telah menggerakkan UMKM di Kecamatan Babulu. Dengan adanya pagelaran acara tersebut dapat memperkenakan produk unggulannya, karena seafood merupakan produk andalan dari Desa Babulu Laut.

Baca Juga:   Petani Gagal Panen di PPU Karena Banjir Bakal Dapat Ganti Rugi

“Seafood  ini adalah andalan yang ada di Desa Babulu Laut, alhamdulillah kita bisa memperkenalkan dan mempromosikan produk lokal kita ini, mudah – mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi acaranya”, ucapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Zainal telah mengunjungi Desa Babulu Laut. Yang merupakan kunjungan pertama ke desa, setelah dilantik menjadi Pj Bupati PPU. (ADV/DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER