spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD PPU Dorong Pengembangan Intitusi Pendidikan Gelar Pelatihan Tenaga Kerja Lokal

PPU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (DPRD PPU), Abdul Rahman Wahid usulkan pelatihan-pelatihan kerja untuk tenaga kerja lokal dapat bekerja sama dengan berbagai pihak pengembang dan institusi pendidikan. Utamanya dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pelatihan dan sertifikasi sangat penting. Pemerintah daerah harus berkolaborasi dengan pengembang proyek dan institusi pendidikan untuk menyelenggarakan program pelatihan yang relevan,” ungkapnya, Selasa (10/09/2024).

Sehingga, Wahid menjelaskan tidak ada alasan lagi tenaga kerja lokal tidak memenuhi kriteria. Harapannya seluruh tenaga kerja lokal dapat memenuhi standar yang dibutuhkan.

“Termasuk transparansi dalam perekrutan tenaga kerja di IKN ya,” tegasnya.

Wahid juga mendesak agar semua pihak yang terlibat dalam proses perekrutan dapat adil dan terbuka dalam memberikan kesempatan kerja kepada siapapun, termasuk masyarakat lokal PPU.

“Kita harus memastikan bahwa proses perekrutan dilakukan secara transparan dan adil. Semua warga lokal yang memenuhi syarat harus memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja dalam proyek ini,” tegasnya.

Baca Juga:   Pemkab PPU Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Kirab Merah-Putih 2024, Pastikan Kegiatan Berjalan Lancar dan Menginspirasi

Ia berharap dengan tenaga kerja lokal yang telah memenuhi kriteria dan proses yang transparan dapat berdapmpak pada penyerapan tenaga kerja lokal yang tinggi. Tidak hanya berfokus pada pekerjaan konstruksi, tetapi juga sektor lainnya.

“Tidak hanya sebatas pada pekerjaan konstruksi, tetapi juga pada sektor-sektor lain yang akan berkembang seiring dengan pembangunan ibu kota baru, seperti layanan, perdagangan, dan pariwisata,” pungkas Wahid. (ADV/NAH)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER