spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Makmur Marbun Isi Materi Inovasi Kebijakan pada Pelatihan Pejabat Administrator di Samarinda

PPU – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun tampil sebagai narasumber utama dalam Pelatihan Kepemimpinan Pejabat Administrator yang digelar di Auditorium Puslatbang KDOD, di Samarinda. Dengan materi membangun inovasi pemerintah daerah PKA Angkatan III Puslatbang KDOD tahun 2024, Senin (9/9/2024).

Penyampaian materi tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat administrator dari berbagai instansi pemerintah dan lembaga administrasi negara. Makmur memaparkan bagaimana menjadi pemimpin yang baik, dan bagaimana cara menempatkan pejabat sesuai dengan bidang dan keahliannya.

“Saya memberikan materi inovasi kebijakan pemerintah daerah dalam pelatihan kepemimpinan pejabat administrator. Saya menekankan pentingnya penempatan pejabat sesuai dengan kompetensinya untuk menghindari kesalahan dalam pelaksanaan tugas,” katanya.

Ia juga membahas kondisi demografi dan kesejahteraan PPU, serta inovasi yang diterapkan. Seperti penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) untuk pengelolaan APBD dan digitalisasi birokrasi melalui e-office, yang bertujuan mengurangi penggunaan kertas dalam administrasi.

“Saya juga menyoroti inovasi dalam pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah akses masyarakat, seperti penerapan aplikasi pendaftaran rumah sakit yang menghindari antrian panjang,” jelasnya.

Baca Juga:   Komisi III DPRD PPU Dorong Pemkab Amankan Aset Melalui Sertifikasi

Selain itu, Makmur menjelaskan lima sektor utama yang menjadi fokus kebijakan pemerintah daerah, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, sosial, dan peningkatan minat masyarakat berolahraga.

“Semua itu saya jelaskan untuk mengatasi masalah kesejahteraan, khususnya terkait bahan pangan, pemerintah aktif memantau stok dan harga untuk mencegah inflasi akibat tingginya permintaan dari pekerja luar daerah,” tutup Makmur. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER