spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua Kali Berturut-Turut FHBN Digelar di PPU, Kemenko PMK; Wadah Kerja Sama Internasional

PENAJAM PASER UTARA – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental menggelar  Festival Harmoni Budaya Nusantara (FHBN) 2024. Ini merupakan perhelatan kedua setelah sebelumnya digelar di Kecamatan Sepaku pada tahun 2023 dan kembali diselenggarakan di Kecamatan Penajam pada tahun ini.

Festival ini dilaksanakan di Halaman Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (Pemkab PPU) dari tanggal 5 – 7 September 2024. Dibuka oleh Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK, Woro Srihastuti pada Jumat (06/09/2024).

Woro Srihastuti mengatakan FHBN 2024 ini merupakan tahun kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Sepaku dan sekarang Kecamatan Penajam. Kegiatan ini guna melestarikan budaya dan dapat menjadi fondasi budaya dapat mempersatukan bangsa.

“Ini juga sebagai wadah kerja sama internasional dan ini memang menjadi momen yang bagus sekali,” ujarnya.

Peserta Festival menari tarian adat bersama saat pembukaan (Nelly/Media Kaltim Network).

Salah satu alasan kuat mengapa dua tahun berturut-turut PPU menjadi lokasi kegiatan ini, menurut Woro berkaitan dengan PPU sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca Juga:   Makmur Ground Breaking Pembangunan Rumah Bruder Budi Mulia di Sotek

“Harapannya menjadi daerah yang maju juga serta nantinya menjadi serambi atau pintu masuk IKN,” paparnya.

Sehingga Woro mengatakan pihaknya sengaja melaksanakan di daerah ini juga guna memastikan budaya-budaya termasuk manusianya tidak terserabut dengan masifnya pembangunan di IKN.

“Jadi ini tujuan kami melakukan Festival Harmoni Budaya 2024 ini adalah untuk mejaga kesatuan serta persatuan bangsa kita, sekaligus melestarikan budaya dan ini merupakan bagian dari pergerakan revolusi mental. Kita untuk memastikan jati diri bangsa Kita tidak tercabik-cabik,” pungkasnya. (ADV/NAH)

Penulis: Nelly Agustina
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER