spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bandara IKN Lolos Uji Coba Runway, Siap Layani Pesawat Jet B737

IKN – Uji coba landasan pacu (runway) Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) berjalan mulus, Minggu (25/8), pagi tadi menandai langkah penting dalam persiapan IKN sebagai pusat transportasi udara baru di Indonesia.

Pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO berhasil melaksanakan lepas landas dan pendaratan tanpa hambatan, disaksikan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Proving flight ini memastikan bahwa jalur udara dan runway Bandara IKN siap digunakan, dan tidak akan ada konflik dengan bandara di Balikpapan atau Samarinda,” jelas Menhub Budi Karya dalam rilisnya, Minggu (25/8). Uji coba ini menjadi pondasi penting sebelum masuk ke tahap evaluasi keselamatan dan keamanan penerbangan yang lebih lanjut.

Sementara itu, Menteri Basuki melaporkan bahwa runway telah mencapai panjang 1.025 x 30 meter, dengan target mencapai 2.200 meter awal September mendatang, memungkinkan pendaratan pesawat jet B737.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, serta perwakilan dari Kementerian PUPR dan pihak konstruksi lainnya. (MK)

Baca Juga:   PNS Sering Tak Bertahan Lama di PPU, Andi Yusuf Minta Pemkab Terbitkan Perbup

Editor: Agus Susanto

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER