spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Upacara HUT Ke-79 RI Pemkab PPU Khidmat, Catatan Sejarah Peringatan Kemerdekaan di Benuo Taka

PPU – Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan upacara detik-detik proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI, dengan khidmat, Sabtu (17/8/2024). Kegiatan ini digelar bersamaan dengan terlaksananya Upacara HUT RI yang dilakukan di Ibu Kita Nusantara (IKN).

Kegiatan ini digelar di Halaman Kantor Bupati PPU, Kilometer 9 Nipah-Nipah. Melibatkan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, TNI/Polri, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Masyarakat (Ormas), tokoh agama, tokoh masyarakat tokoh pemuda dan pihak terkait lainnya.

Bertindak sebagai Insfektur Upacara ini Sekkab PPU, Tohar menyampaikan bahwa peringatan kali ini menjadi momentum kilas balik bagi generasi saat ini. Bahwa 79 tahun lalu para pejuang bangsa telah memerdekakan bangsa ini sehingga saat ini dapat dinikmati kenyamanannya.

Tohar menyampaikan, para pejuang bangsa telah memproklamirkan dan merebut kekuasaan dari tangan penjajah dengan segala jeripayahnya. Bukan hanya fisik saja yang mereka korbankan, tetapi seluruh jiwa raga serta nyawa juga mereka korbankan.

“Momentum Ini menjadi catatan bagi kita untuk merasakan bahwa 79 tahun lalu bagaimana kira-kira keadaan bangsa ini,” tegasnya.

Baca Juga:   Disdikpora PPU Buka Penjaringan JPD, Cari Pemuda Berwawasan Seni dan Budaya

Di lain sisi, tonggak sejarah itu terasa lebih berarti. Karena, pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI pada 2024 ini, upacara kenegaraan juga telah dilaksanakan di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Satu pelaksanaan upacara di tingkat kabupaten kemudian satu IKN, yang masih merupakan wilayah administrasi kabupaten PPU,” sebutnya.

“Ini juga menjadi sejarah tersendiri bagi kita warga Kalimantan Timur dan mudah-mudahan ini menjadi spirit serta semangat bagi seluruh komponen masyarakat Kaltim bahwa di 2024 ini negara telah berkomitmen untuk melanjutkan dan melaksanakan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 di IKN Nusantara yang baru,” lanjutnya.

Dalam momentum peringatan HUT RI ke-79 2024 di lingkup Pemkab PPU, Tohar juga menyerahkan secara penghormatan dan santunan pada anggota legiun veteran dan janda legiun veteran PPU. Serta penyerahan piagam Tanda Kehormatan Presiden RI berupa Satyalancana Karya Satya X atas nama Saharuddin, Satyalancana Karya Satya XX atas nama Agus dan Satyalancana Karya Satya XXX atas nama Ahmad Usman.

Baca Juga:   AHY Tegaskan Lahan Bandara VVIP IKN Harus Clean And Clear untuk Yakinkan Investor

“Atas nama Pemerintah Kabupaten PPU, Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi kepada seluruh masyarakat, jajaran pemerintah, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh pihak-pihak terkait lainnya. Sehingga pelaksanaan upacara memperingati HUT RI Ke 79 Tahun 2024 di PPU dapat berjalan sebagaimana mestinya,” tutup Tohar. (Adv/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER