spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program Komunitas Isi Piringku Semarakkan HUT Ke-79 RI lewat Gerakan Aksi Gizi Seimbang

PPU – Program Komunitas Isi Piringku yang merupakan program kolaborasi Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah dengan Danone Indonesia. Kali ini tengah melaksanakan gerakan aksi gizi seimbang di area sasaran di Kelurahan Pantai Lango, Penajam Paser Utara (PPU).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 13-14 Agustus 2024 bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Pantai Lango. Kegiatan berjalan dengan meriah dengan di hadiri pemerintah desa, kader “komunitas isi piringku”, Kader posyandu, PKK, tokoh masyarakat, Bidan Desa, remaja, ibu hamil, ibu dengan balita dan sebagian masyarakat Pantai Lango.

Ketua Program Komunitas Isi Piringku, Hanif Mu’allifah mengatakan bahwa seluruh kegiatan merupakan momen turut menyemarakkan HUT Ke-79 RI. Mengingat tema kemerdekaan tahun ini merupakan “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

“Artinya kita menjadi warga Pantai Lango yang sebentar lagi kita akan menyambut ibu kota baru di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang lokasinya cukup dekat dengan tempat tinggal kita saat ini, oleh karenanya kita harus siapkan generasi-generasi kita siap secara jasmani dan rohaninya menuju Indonesia Emas 2045 mendatang,” katanya.

Baca Juga:   Bukber Bareng Komunitas Driver Truk, Pj Bupati PPU Komitmen Tustaskan Polemik BBM

Melalui program ini, upaya bersama menurunkan prevelensi stunting untuk mewujudkan generasi bebas stunting terutama di Kelurahan Pantai Lango dengan beberapa kegiatan.

Dalam gelaran kali ini, ada serentetan kegiatan diantaranya penguatan peran kader “Komunitas Isi Piringku” untuk kader posyandu dan PKK. Kemudian diskusi dengan remaja untuk merumuskan gerakan aksi bersama dalam masifikasi posyandu remaja.

Selain itu, ada lomba memasak MPASI bergizi seimbang untuk ibu dengan balita. Kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi terkait Pentingnya Gizi Seimbang untuk ibu hamil dan ibu dengan balita.

Sementara Sekretaris Kelurahan Pantai Lango, Muhammad Dwi Pria Sujadi menyatakan kegiatan Program Komunitas Isi Piringku ini sangat penting untuk masyarakat Pantai Lango. Terutama untuk kader posyandu, ibu hamil dan ibu dengan balita dan masyarakat secara umum agar teredukasi terkait pentingnya pencegahan stunting dan hidup sehat.

“Sekali lagi terimakasih kepada Nasyiatul Aisyiyah dan Danone Indonesia yang sudah memilih Pantai Lango menjadi tempat program, Semoga menjadi kebaikan kita bersama,” ucapnya.

Adapun semarak hari kemerdekaan melalui gerakan aksi gizi seimbang ini dinilai sangat bermanfaat bagi warga. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh salah satu bidan Kelurahan Pantai Lango.

Baca Juga:   Hari Bhayangkara Ke-78, Pemkab PPU Beri Dukungan Armada Operasional

“Kita tidak hanya sekedar meramaikan hari kemerdekaan dg lomba-lomba pada umumnya, tp gerakan gizi seimbang ini relate dg apa yg dibutuhkan oleh masyarakat Pantai Lango terutama remaja, ibu hamil dan ibu dengan balita,” tutup Dwi. (*SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER