spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Expo IKN 2024 Serambi Nusantara Resmi PPU Dibuka, Kolaborasi Kemajuan Daerah bersama IKN Nusantara

PPU – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Mochamad Basuki Hadimoeljono membuka Expo IKN Penajam Paser Utara (PPU) 2024 di halaman Stadion Panglima Sentik Penajam, Kamis (15/8/2024). Kehadirannya menjadi pernyataan dukungan terhadap daerah berjuluk Benuo Taka ini untuk menjadi daerah penyokong IKN.

Expo IKN PPU 2024 ini bertajuk PPU Serambi Nusantara. Gelaran dimulai sejak 15-18 Agustus dengan menghadirkan hampir 150 booth OPD Nusantara dan UMKM baik dari Kalimantan hingga luar daerah.

Basuki mengatakan, pertumbuhan ekonomi PPU kian membaik, 15 persen meningkat dari rata rata pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi Kabupaten PPU ini merupakan wilayah terdekat dengan IKN sehingga dampaknya pasti luar biasa.

“Saat ini merupakan waktunya masyarakat di Kabupaten PPU untuk bangkit dengan adanya IKN, kedepan saya yakin akan lebih berkembang lagi,” ucapnya.

Hadirnya Expo IKN ini, sambungnya, juga sekaligus untuk mengenalkan bagaimana IKN kepada masyarakat, mengedukasi terkait layanan OPD PPU dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian lokal. Pun serta peluang investasi baik bersama pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten hingga dengan mitra swasta lainnya .

Baca Juga:   Momentum Hari Pahlawan 2022, Ketua DPRD PPU Ajak Generasi Muda Tanamkan Semangat Persatuan

Basuki juga menekankan kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten PPU beserta seluruh masyarakatnya untuk mempersiapkan diri. “Sekarang adalah waktunya untuk PPU berbenah dari segala aspek, tidaknya saja pada pembangunan infrastrukturnya saja tetapi SDM juga sangat penting,” kata Basuki.

Selain itu, SDM dari Kaltim, terkhusus PPU harus mampu bersaing agar sebagai putra-putri daerah mampu memberikan layanan yang terbaik untuk IKN. “Apalagi SDM yang akan bekerja di IKN nanti benar benar diseleksi terutama yang menguasai digital, PPU harus bersiap,” sebutnya.

Foto: Pj Bupati PPU Makmur Marbun bersama dengan Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimoeljono saat pembukaan Expo IKN PPU, Kamis (15/8/2024). (Prokopim PPU for MKN)

Sementara itu, Pj BUpati PPU Makmur Marbun mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan peserta Expo IKN PPU yang dihadiri oleh para tamu-tamu dari pulau Kalimantan hingga pulau Jawa.

“Selamat datang di Serambi Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara dalam Expo IKN Tahun 2024 yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten PPU. Kami bangga para tamu-tamu luar daerah baik yang ada di Kaltim hingga pulau Jawa bisa hadir dan terlibat langsung dalam acara Expo selama empat hari kedepan dalam ajang promosi dan peluang investasi daerah,” ungkapnya.

Baca Juga:   Kementerian PUPR Mempercepat Pembangunan Hunian di IKN

Menurutnya, IKN Expo 2024 di Serambi Nusantara merupakan wujud nyata dari komitmen kita untuk memperkenalkan dan mempromosikan kemajuan serta potensi yang dimiliki oleh Serambi Nusantara Kabupaten PPU. Terlebih lagi, sebagai langkah strategis menuju masa depan yang lebih baik, Expo ini tidak hanya menjadi ajang pameran berbagai inovasi dan perkembangan, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat kerjasama antara berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Expo IKN Serambi Nusantara Kabupaten PPU hari ini merupakan bagian dari kolaborasi perwujudan IKN Nusantara yang menjadi pusat pertumbuhan dan pengembangan baru di Indonesia, tak terkecuali bagi Kabupaten PPU yang menjadi Serambinya Nusantara

“Karenanya, kami berharap melalui expo ini, kita semua dapat lebih memahami dan mendukung berbagai inisiatif serta bersama-sama mewujudkan visi besar hadirnya IKN Nusantara yang modern, inklusif, dan berkelanjutan yang ditandai dengan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan masyarakat adalah kunci untuk mencapai keberhasilan bersama,” tutup Makmur. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER