spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Groundbreaking Ke-7 di Nusantara, Capai Tonggak Investasi yang Menginspirasi

NUSANTARA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali melaksanakan groundbreaking ke-7 pada Senin (12/08/2024), sebuah langkah penting dalam mewujudkan komitmen untuk membangun masa depan Indonesia di Nusantara. Acara ini menandakan semakin kuatnya keyakinan para investor terhadap potensi dan masa depan Nusantara sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi baru Indonesia.

Groundbreaking ini melibatkan empat investor yaitu PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) melalui PT Inti Kolaborasi Nusantara dan PT Adiwarna Harapan Nusantara yang membangun kawasan mix use, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk yang membangun kantor mereka di Nusantara, PT Hotel Papua Internasional yang akan membangun Swiss-belhotel Nusantara, dan Royal Golden Eagle (RGE) Group yang akan membangun Nusantara International Convention Center and Hotel.

Nilai investasi yang dilaporkan dalam agenda groundbreaking ke-7 dari keempat investor diperkirakan sebesar 5,375 Triliun Rupiah. Dalam proses pelaksanaan, nilai investasi yang dilaporkan merupakan indikasi nilai yang dinamis, terutama dengan adanya proses kurasi di mana memastikan desain sesuai prinsip bangunan yang hijau.

Baca Juga:   Bursa Pilgub Kaltim 2024: Kemungkinan Kotak Kosong Hingga Edi Damansyah Masuk Radar Pasangan Isran Noor

“Investasi ini adalah wujud nyata dari kepercayaan para pelaku usaha terhadap potensi besar Nusantara sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan,” ujar Joko Widodo.

Penting untuk dipahami bahwa nilai ini adalah indikasi awal, yang akan terus berkembang seiring dengan kemajuan pembangunan dan pelaporan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Dengan adanya proses kurasi yang berkelanjutan, nilai investasi dapat mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan dan realisasi pembangunan di lapangan.

Humas Otorita Ibu Kota Nusantara

Capaian angka investasi yang dilaporkan dalam groundbreaking ini mencerminkan semangat kolaborasi dan keyakinan yang kuat dari berbagai pihak. Berkaitan dengan hal tersebut, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono menyampaikan bahwa dengan kemajuan pembangunan, Otorita IKN bersama para pemangku kepentingan akan terus memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap tahap pembangunan.

“Groundbreaking ke-7 oleh empat perusahaan ini berbeda dari sebelumnya. Hal ini karena penandatanganan perjanjian yang langsung dilakukan, sehingga memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha secara langsung. Selanjutnya, selain ekosistem seperti hotel dan perbankan yang terus bertambah, juga akan hadir fasilitas lain seperti Convention Center dan Golf Course yang memperkaya kota ini sebagai a place to live, to work, to learn and to play,” ujarnya.

Baca Juga:   Datang ke PPU, Wagub Buka Rakor Administrasi Pembangunan Se-Kaltim

Dengan dukungan penuh dari para investor dan pemerintah, Nusantara diharapkan akan terus berkembang pesat dan menjadi simbol utama kebangkitan ekonomi serta pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Pemerintah berperan dalam menyediakan infrastruktur dan layanan yang diperlukan, sementara investasi signifikan dari sektor swasta membawa modal, teknologi, dan keahlian yang mempercepat pembangunan.

“Kami percaya pada potensi besar IKN Nusantara sebagai ibu kota masa depan Indonesia. Investasi kami dalam proyek ini adalah bentuk komitmen jangka panjang untuk berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.” ujar Theresia Rustandi Presiden Direktur PT Inti Kolaborasi Nusantara, entitas yang mempersiapkan pembangunan PT Intiland Development Tbk. di Nusantara.

Bernard Riedo, Direktur Utama PT RGE Indonesia juga menyebut, “Kami juga berharap pembangunan Nusantara International Convention Center and Hotel dapat memberikan kontribusi positif dalam mengakomodasi kebutuhan di Nusantara.”

Sonny Waplau, Founder Multi Modern Group PT Hotel Papua Internasional turut mengapresiasi pelaksanaan groundbreaking ini. “Groundbreaking ke-7 ini menandai fase baru dalam pembangunan Nusantara. Nilai investasi yang diumumkan bukan sekadar angka, tetapi representasi dari komitmen bersama untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.”

Baca Juga:   PPU Festival Ke-2 2024 Resmi Dibuka, Sandiaga Uno Berikan Apresiasi Inovasi Pembangunan Ekraf

Sinergi antara pemerintah dan sektor swasta ini akan mendorong Nusantara untuk menjadi model kota masa depan yang tidak hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga pada keberlanjutan lingkungan dan kualitas hidup tinggi, menjadikannya lambang kemajuan Indonesia dan bukti nyata dari upaya bangsa dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan sejahtera bagi seluruh masyarakat. (*Rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER