spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadiri Rakor Kepala Daerah Perdana di IKN, Makmur Marbun Siap Laksanakan Arahan Presiden

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun turut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) seluruh kepala daerah di Indonesia di kawasan Istana Negara Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa, (13/08/2024).

Sebanyak 517 kepala daerah diketahui hadir dalam rakor yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Terdiri dari 38 Gubernur, 416 Bupati, serta 98 Walikota.

Ditemui usai kegiatan yang baru perdana dilakukan di IKN ini, Makmur menyampaikan ada banyak pesan penting yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

“Berkaitan hari ini, Bapak Presiden menyampaikan kepada kita semua bagaimana cita-cita bangsa Indonesia ini dapat terwujud yaitu hadirnya IKN di Kalimantan Timur. Tentu bagi masyarakat Kaltim khsususnya Kabupaten PPU ini adalah berkah untuk kita semua,” ungkapnya.

Dalam hal ini, semua kepala daerah dituntut harus mampu membangun wilayah dengan ciri khas dan potensi daerahnya. Termasuk karakteristik yang dimiliki, utamanya harus menggunakan para ahli di bidangnya.

Hal itu bertujuan agar pembangunan dapat bermanfaat dengan baik. Pun menyesuaikan dengan kemajuan teknolohgi yang ada.

Baca Juga:   Optimis Dapatkan Dukungan, Rendi Susiswo Daftarkan Diri ke DPC PDIP PPU

“Tentu hadirnya IKN ini, akan memberikan semangat untuk Kabupaten PPU dalam bertransformasi baik dalam pembangunan maupun dalam mengembanggkan potensi wilayahnya karena ada patokannya yaitu IKN, kita harus setara maju dan tentunya mendukung hadirnya IKN Nusantara di Kaltim terkhusus di wilayah Kabupaten PPU,” ungkap Makmur.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sambutannya mengucapkan selamat , pada seluruh kepala daerah yang hadir. “ Selamat datang di IKN,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia kembali menjelaskan tentang IKN sebagai masa depan Indonesia yang dirancang, dibangun dengan konsep masa depan. IKN ini dibangun sejak 2021 dan diperkirakan selesai sekitar 10-15 tahun ke depan.

“Jadi masih panjang. Kalau bapak ibu bupati tadi melihat, itu baru awal. Jangan keliru, ini belum selesai, baru dua puluhan persen,” jelasnya.

Dengan adanya pembangunan IKN ini, ia mengingatkan bahwa setiap wilayah mempunyai keunggulan masing-masing. Potensi itu yang bisa dikonsep dengan baik dan harus berkesesuaian.

“Keberadaan IKN adalah salah satu konsep yang mnenyesuaikan dengan lingkungannya sehingga dikonsep sebagai forest and smart city. Untuk itu, para kepala daerah diminta tak asal desain dalam melakukan pembangunan  dan yang paling penting harus melibatkan para ahli di bidangnya”, tegasnya

Baca Juga:   Mantab Maju di Pilkada PPU, Mudyat Noor Siapkan Inovasi untuk Masyarakat Jawab Tantangan IKN

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi kinerja seluruh kepala daerah yang secara umum mampu mengendalikan tingkat inflasi.

”Terima kasih kepada seluruh gubernur, bupati dan wali kota. Inflasi kita pada posisi yang sangat baik dibanding negara-negara lain,” yaitu inflasi rata-rata nasional diangka 2,13 persen. Sedangkan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, Jokowi minta agar perputaran uang di daerah terus ditingkatkan dengan mendorong percepatan penggunaan APBD,” tutup Jokowi. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER