spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sebuah Rumah di Gunung Seteleng Terbakar, Seorang Warga Alami Luka Bakar 90 Persen

PPU – Telah terjadi kebakaran sebuah rumah warga di kawasan pemukiman RT 01 Kelurahan Gunung Seteleng Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara (PPU), Juma (9/8/2024) sekira pukul 18.44 WITA. Kejadian ini, menyebabkan seorang warga mengalami luka bakar dan harus dilarikan ke RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Sukadi Kuncoro mengatakan bahwa rumah yang mengalami kebakaran merupakan bermaterial kayu yang menyebabkan api membesar. Akibatnya kini kondisi rumah rusak berat.

“Kebakaran terjadi pada pukul 18.44 Wita setelah adanya laporan, Kami BPBD bergerak cepat ke lapangan dengan langsung pula berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Pemadaman awal dilakukan dengan cara manual oleh tim BPBD bersama warga, dan dilanjutkan pendinginan oleh tim DPKP PPU dan BPBD PPU menggunakan mobil pemadam,” terangnya melalui keterangan tertulis Pusdalops BPBD PPU.

Dalam penanganan, tim gabungan berasal dari BPBD PPU,DPKP PPU,Kodim 0913 PPU,Polres PPU,Lurah,Dinsos,Satpol PP,Dishub,Bhabinkamtibmas,Puskesmas Penajam dan PMI. Sedangkan jumlah unit di lapangan BPBD PPU 2 unit mobil operasional, 1 unit truk tangki air, DPKP PPU 2 unit mobil pemadam, Puskesmas Penajam 1 unit mobil ambulans serta PMI 1 unit mobil ambulans.

Baca Juga:   Bijak Ilhamdani Dukung Penuh Rencana Pemkab PPU Merevatiliasasi Pelabuhan Penajam
Situasi Kebakaran Kelurahan Gunung Seteleng. (Istimewa/Deddy/RadarMedia)

“Setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak, Kami dilapangan dapat menjinakkan api tersebut secara cepat dan tidak ada potensi titik api lanjutannya,” ucap Kuncoro.

Diketahui, korban jiwa bernama NE (29) mengalami luka bakar 90 persen, dengan kondisi saat berita ini diturunkan masih dalam perawatan oleh tim medis RSUD Ratu Aji Putri Botung PPU.

“Hanya ada 1 korban Jiwa dengan kondisi luka bakar, saat ini korban sudah dilarikan ke Rumah Sakit Aji Putri Botung dan dilakukan penanganan dari pihak Kesehatan. Saat ini tim lapangan masih mengindentifikasi penyebab kejadian karena belum diketahui apa yang menyebabkan kebakaran tersebut,” pungkasnya. (NRD)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER