spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang, Makmur Marbun; Kebanggaan Masyarakat PPU

PPU – Presiden Republik Indonesia Joko widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kota Balikpapan, Minggu, (28/7/2024). Resmi dapat dipergunakannya salah satu infrastruktur pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut juga dinilai menjadi manfaat bagi masyarakat Benuo Taka.

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun turut hadir mendampingi orang nomor satu di tanah air itu. Saat ditemui Pj ia menuturkan sangat bersyukur peresmian Jembatan Pulau Balang dilakukan oleh Presiden Jokowi, dan dapat berjalan dengan sukses.

“Jembatan Pulau Balang ini adalah kebanggaan seluruh masyarakat Kabupaten PPU. Kami bersyukur jembatan ini telah diresmikan langsung oleh bapak Presiden, ini adalah suatu kebanggaan bagi kita semua khususnya di kabupaten PPU,” ucapnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kaltim, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni serta Wishnutama Kusubandio.

Baca Juga:   PPU Minta Bagian Alokasi Air Bersih Bendungan Sepaku-Semoi

Peresmian Jembatan Pulau Balang ini juga ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Presiden Jokowi. “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, saya resmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur,” ucap Presiden.

Sekadar informasi, jembatan yang dibangun sejak 2015 itu telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,43 triliun. Jembatan tipe cable stayed ini dibangun berdasarkan kerja sama antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, serta Pemerintah Kabupaten PPU.

Proyek pembangunan yang dilakukan yakni jembatan utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat sepanjang 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1.807 meter.

“Alhamdulillah pada sore hari ini segera kita resmikan salah satu infrastruktur pendukung Ibu Kota Negara Nusantara,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian.

Sebelum meresmikan Jembatan Pulau Balang, Presiden juga meninjau progres pembangunan jalan Tol IKN di Jalan Bebas Hambatan Akses IKN Seksi 3A-5A, Kota Balikpapan. Usai peresmian Jembatan Pulau Balang, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju IKN. Presiden, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan rombongan akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Baca Juga:   Bupati PPU Sampaikan Kemajuan Daerah saat Upacara HUT Ke-21 PPU

Pada kunjungan kali ini, Presiden Jokowi turut mengajak serta para penggiat seni dan pemengaruh (influencer) tanah air diantaranya Rafi Ahmad dan istrinya, Atta Halilintar, Gading Marten dan sejumlah artis kenamaan lainnya. Mereka akan diajak melihat progres pembangunan IKN. (ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER