spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab PPU, Kemenag dan Baznas PPU Kolaborasi Selenggarakan Lebaran Yatim

PPU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten PPU dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PPU membagikan santunan secara simbolis kepada 100 anak yatim. Kegiatan ini dalam agenda Lebaran Yatim, Selasa (16/7/2024) di aula Masjid Agung Islamic Center.

Dalam acara ini dibagikan pula secara simbolis kepada 20 orang untuk bantuan program yang dikelola Baznas, seperti program PPU Sejahtera untuk renovasi rumah, program PPU Cerdas untuk pelajar, program PPU Makmur untuk bantuan konsumtif permanen, dan program PPU Peduli untuk modal usaha.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) PPU Tohar mewakili Penjabat Bupati PPU dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa bantuan yang telah dibagikan bersifat simbolis dan masih banyak lagi penerima bantuan yang ada di Kabupaten PPU yang dikelola melalui Baznas.

“Sekian banyak program mulia yang tengah dan akan atau dicita-citakan bisa berjalan di tengah-tengah masyarakat. Pertanyaannya uang siapa, uang dari mana? Uang yg diperoleh Baznas adalah uang yang sumbernya dari muzakki. Dari beliau-beliau yang memiliki harta dan telah mecapai nisab,” ungkapnya.

Baca Juga:   Warga PPU Diminta Serius IKuti Pelatihan Otorita IKN

Tohar menekankan tiap perangkat daerah di PPU telah diakomodir agar pegawainya dapat menunaikan zakat melalui Baznas. Ia meminta agar Baznas PPU dapat mengevaluasi perolehan zakat yang ada terkait dengan pengumpulan melalui perangkat daerah.

“Hal ini mengingat sebelumnya terdapat pasang surut kondisi keuangan daerah yang mempengaruhi kondisi keuangan pegawai pula. Namun, karena kondisi sudah mulai kembali normal, maka evaluasi ini diperlukan untuk melihat komitmen pegawai dalam berzakat saat ini,” ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag PPU Muhammad Syahrir dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa kegiatan Lebaran Yatim ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak dalam lingkup nasional.

“Kegiatan ini mengusung tema “Berbagi Cinta Berlimpah Berkah” yang juga bertepatan pelaksanaannya pada tanggal 10 Muharram 1446 Hijriah,” pungkasnya. (ADV/*DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER