spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Bupati PPU Harapkan Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka 2024 jadi Agen Budaya Lokal

PPU – Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menghadiri gelaran Grand Final Pemilihan Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka Tahun 2024 yang digelar di Aula kantor bupati PPU, Jumat, (21/6/2024) malam.

Makmur menghrapkan, yang terpilih dalam ajang Duta Budaya PPU ini tidak hanya menjadi figur terbaik wajah budaya Benuo Taka. Namun juga memperlihatkan betapa besar peran kebudayaan dalam kehidupan masyarakat PPU.

“Dengan adanya pemilihan ini kita dapat melihat betapa kuatnya semangat kebersamaan dan kebanggaan dalam melestarikan kebudayaan. Para finalis yang hadir di sini adalah bukti nyata bahwa generasi muda kita memiliki semangat dan komitmen untuk melestarikan kebudayaan kita,” katanya.

Apalagi diketahui PPU adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN). Untuk itu mereka harus benar-benar mempersiapkan peluang terutama dalam mengelola seni kebudayaan yang dimiliki sebagai daya tarik bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Terlebih keberagaman kebudayaan yang ada di Kabupaten PPU merupakan daya tarik yang sangat menarik bagi wisatawan. Pemajuan kebudayaan juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

Baca Juga:   Pemkab PPU Bakal Kenakan Sanksi Bagi yang Tak Taat Masuk Kerja Usai Libur Lebaran 2024

“Di sinilah peran dari rekan-rekan Bujang Song dan Ngelok Bawe kita nantikan sebagai pemuda generasi penerus bangsa yang harus memegang teguh nilai-nilai kebudayaan yang ada,” ucap Makmur.

Direktur Produk Hukum Daerah, Ditjen Otda Kemendagri ini mengatakan bahwa acara tersebut bukan hanya sekedar ajang pemilihan figur terbaik Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka. Namun lebih dari itu kata Marbun, merupakan wadah penting untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten PPU.

Menurutnya, kebudayaan adalah warisan yang sangat berharga bagi suatu daerah, yang mencerminkan identitas, nilai-nilai, dan jati diri masyarakatnya serta harus terus dijaga kelestariannya. Oleh karena itu, dirinya mengajak bersama-sama memanfaatkan potensi kebudayaan yang dimiliki untuk kesejahteraan bersama.

“Sekali lagi, selamat kepada para finalis yang telah berhasil masuk dalam pemilihan ini. Semoga dengan terpilihnya Bujang Song dan Ngelok Bawe Benuo Taka Tahun 2024, kita dapat mempromosikan kebudayaan Kabupaten PPU dengan lebih baik lagi,” tutupnya.(ADV/ProkopimPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER