spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo PPU dan Tarusan PSSN Latsitardaus Lakukan Security Assessment untuk Tingkatkan Keamanan Informasi

PPU – Taruna Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) peserta Latsitarda Nusantara (Latsitardanus) XLIV 2024 Yontarlat Kijang melakukan security assessment bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU. Menyasar pada sejumlah website yang ada di PPU dan hasil dari security assessment tersebut telah dipresentasikan di Kantor Diskominfo PPU, Kamis (30/5/2024).

Kepala Bidang Aplikasi, Informatika dan Persandian Diskominfo PPU Syafrudin Lamato menyampaikan keamanan informasi merupakan salah satu hal yang sangat penting di era digital saat ini. Mengingat pentingnya perlindungan atas data diri sejumlah pengguna aplikasi berbasis website atau mobile tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Hasil dari tes yang dilakukan memang mengkhawatirkan dari aspek keamanan tapi ini merupakan hal yang positif karena dengan hal ini nanti kami dapat menyampaikan usulan ke OPD yang saat ini sedang persiapan atau perencanaan untuk membangun aplikasi, agar dapat berkoordinasi terlebih dahulu dengan Diskominfo terkait dengan keamanan informasinya,” jelasnya.

Salah satu Taruna PSSN Alfido Osdie menyampaikan dari tahapan security assessment yang dilakukan salah satunya adalah penetration test. Penetration test merupakan salah satu metode untuk menguji keamanan suatu sistem jaringan komputer dengan cara melakukan simulasi nyata, dalam hal ini diambil 1 (satu) sampel website layanan kependudukan yang ada di PPU.

Baca Juga:   Penggemar One Piece di PPU Gelar Nobar Gear 5 Monkey D. Luffy

“Telah dilakukan penetration test dan hasil yang didapatkan lumayan rentan. Oleh karena nya, kami memberikan rekomendasi untuk memperbaiki pengembangannya, dari sisi codingan harus mempraktekkan secure coding yang benar. Lalu, di website tersebut juga harus dilakukan hak-hak akses dimana orang yang tidak berhak maka tidak dapat mengakses hal-hal yang berbahaya atau yang sensitif,” terangnya.

Di kesempatan yang sama, pengasuh Taruna PSSN Ayyas Isa Ansori menambahkan bahwa dengan diadakannya security assessment ini diharapkan instansi pemerintah tidak hanya memperhatikan tampilan website yang bagus, tetapi juga diperhatikan keamanan informasinya.

“Keamanan informasi itu penting. Jadi, jangan cuma dilihat websitenya bagus, tapi ternyata secara keamanan itu lemah. Jadi, mungkin ketika bekerjasama dengan vendor atau pihak ketiga bisa ditekankan lagi terkait dengan keamanan informasi tersebut,” tutup Ayyas. (ADV/*DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER