spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Satpol PP PPU Ambil Bagian dalam Penanaman Pohon di IKN Bersama Taruna Latsitardanus XLIV

PPU – Satpol PP Penajam Paser Utara (PPU) turut ambil bagian dalam kegiatan Penanaman Pohon pada kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV 2024 di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (27/5/2024)

Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan langsung para Taruna untuk melakukan penghijauan kembali kawasan IKN. Para Taruna yang penempatan latihannya di PPU mengadakan agenda menanam beberapa pohon endemik Kalimantan seperti Belangeran dan Meranti di sekitar lokasi pembangunan IKN.

Kepala Satpol PP PPU, Bagenda Ali mengatakan penanaman pohon di kawasan IKN ini sekaligus mengenalkan para taruna terhadap pembangunan IKN yang berwawasan terhadap lingkungan. Penanaman pohon tersebut dilakukan di blok Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN

“Ini sebagai langkah berkontribusi dan memperluas cakupan untuk proses menanam kembali pohon di kawasan IKN,” ujarnya.

Selain itu, tujuan penananam ini ialah mengetahui bahwa lokasi pembangunan kawasan IKN bukanlah di tengah-tengah hutan heterogen. Melainkan berada di kawasan hutan industri monokultur yang hanya terdiri dari atas satu jenis pohon yaitu eukaliptus.

Baca Juga:   Bantah Tudingan Pengelabuan, Otorita IKN Pastikan Warga Dapat Ganti Rugi Lahan

“Kami juga mempunyai tanggung jawab ke depan sebagai pemimpin bangsa ini untuk menjaga IKN agar tetap hijau,” jelasnya.

Dengan melakukan reforestasi yakni penghijauan atau penanaman kembali, sesuai dengan himbauan Presiden Joko Widodo, bahwa semua pihak harus melakukan reforestasi untuk mendapatkan Tropical Rain Forest.

“Seperti disampaikan, kegiatan ini menjadikan hutan menjadi heterogen atau beberapa jenis, yang semula sebagai hutan produksi bisa berubah menjadi hutan alami, sehingga tetap terjaga salah satu paru-paru dunia di Kalimantan Timur,” ungkap Bagenda.

Adapun para Taruna Latsitarda Nusantara ini berasal dari Akademi Militer, Polisi, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri serta Politeknik Siber Sandi Negara dan Universitas Pertahanan. (ADV/*SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER