spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Rakornis Dishub Se-Kaltim di PPU, Persiapkan Jalur Darat dan Laut untuk Upacara HUT RI Ke-78 di IKN

PPU – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun meminta 10 Dinas Perhubungan kabupaten dan kota Se -Kalimantan Timur untuk berkolaborasi menyiapkan konektivitas transportasi yang terintergrasi dengan Ibu Kota Nusantara (IKN). Terutama daerah yang bersinggungan langsung dengan IKN.

Perihal tersebut disampaikan Makmur Marbun pada rapat koordinasi teknis (Rakornis) Dinas Perhubungan se-Kalimantan Timur (Kaltim) yang digelar di aula lantai III Kantor Bupati PPU, Rabu (15/5/2024). Turut hadir pada rakornis sekaligus mènyampaikan sesi materi dan diskusi, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Selvia Halim, Tim Kajian Kebijakan Penyelenggara Tranportasi Wilayah Penyangga IKN Tedy Murtejo, dan perwakilan Pusat Kebijakan Prasarana Trasportasi dan Integrasi Moda Ady Irawan.

“Kita harus fokus hadirnya ibu kota Nusantara, terutama even yang sangat strategis dan krusial terkait dengan pelaksanaan upacara 17 Agustus nantinya,”ujarnya.

Ia juga menambahkan upacara peringatan hari ulang tahun ( HUT) kemerdekaan 17 Agustus pastinya akan digelar di IKN, tentunya harus dipikirkan antisipasi banyaknya tamu yang akan hadir nantinya.

Baca Juga:   Pj Bupati PPU Buka Turnamen Futsal Galanita, Ajang Olahraga dan Siliaturahmi Masyarakat

“Saya minta ini yang harus didiskusikan dalam forum rakornis ini,” tambahnya.

Lebih lanjut Makmur Marbun juga meminta adanya jalur alternatif lain yang tidak harus mengandalkan jalur darat saja. Bisa dibayangkan jika ribuan kendaraan memasuki kawasan IKN tentunya pasti mengalami hambatan yang panjang.

“Kita juga harus pikirkan untuk menggunakan jalur laut antara Balikpapan dan Penajam. Saya kira hal ini juga harus di diskusikan,” tutupnya. (ADV/*DiskominfoPPU/SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER