spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Presiden Jokowi Optimis Tol IKN Rampung Akhir 2024

PPU – Presden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan optimisme pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini rampung pada 2024. Bahkan ia meyakini pada upacara bendera peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus nanti sudah dapat dilaksanakan di sini.

Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Jokowi meninjau pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023). Infrastruktur jalan tol ini nantinya akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, dan akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju jantung IKN.

“Nantinya infrastruktur jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya 30 menit,” jelasnya.

Saat ini sudah berjalan pada tiga segmen, yakni Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 kilometer, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 kilometer. Jokowi optimis bahwa proyek Jalan Tol IKN ini akan rampung pada akhir 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono meninjau pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga:   Sempat Mengamuk dan Resahkan Warga, URC Satpol PP PPU Berhasil Amankan ODGJ di Pasar Penajam

Presiden Jokowi mengatakan, bahwa nantinya infrastruktur jalan tol yang akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, jaraknya kurang-lebih 40-an kilometer, yang sebelumnya dari sekitar dua jam menjadi hanya 30 menit.

Presiden menyampaikan optimismenya bahwa proyek Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan pada tiga segmen, yakni  Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km akan rampung akhir 2024.

Dalam kesempatan tersebut ia berpesan agar pembangunan jalan bebas hambatan tersebut tetap berprinsip terhadap konsep yang ditetapkan. Sejalan bersama dalam pembangunan IKN yaitu kota hutan dan kota pintar (smart forest city).

“Karena konsep kota yang ingin kita hadirkan di Ibu Kota Nusantara adalah konsep lingkungan. Sehingga sekecil apa pun yang berkaitan dengan lingkungan ini harus diperhatikan sehingga kalau ada hal yang berkaitan dengan lingkungan tidak diperhatikan, maka saya pastikan akan saya tegur. Karena konsepnya sekali lagi adalah lingkungan,” paparnya.

Baca Juga:   BAZNAS Kaltim Monitoring Penerima Program ZCD di PPU, Hasilnya Memuaskan

Jokowi menuturkan kini sudah tidak ada kendala pembebasan lahan dalam pembangunan proyek jalan tol ini. Persoalan pembebasan lahan, katanya, sudah diselesaikan dan akan mulai dibayarkan pada Maret 2023.

“Ini akan diselesaikan, insyaallah di 2024, akhir. Akhir 2024, akan diselesaikan Balikpapan ke kawasan inti akan selesai,” pungkas Jokowi. (dtc/mk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER