spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemuda Kreatif Sesulu Siap Gelar Festival Ungan Berayak

PENAJAM – Dalam rangka merangsang kembali semangat kebersamaan, kumpulan anak muda Desa Sesulu siap menggelar Festival Rakyat Sesulu Ungan Berayak. Ajang ini juga disiapkan sebagai sarana merawat kebudayaan serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Panitia acara, M Herlin Aby Manyu menjelaskan agenda ini akan dilaksanakan pada 18 Februari hingga 4 Maret mendatang. Tak kurang 50 UMKM lokal dan 30 penggiat seni dan budaya lokal terlibat dalam pegelaran ini.

“Melibatkan UMKM dari masyarakat sekitar dan lokal PPU dengan estimasi yg telah ditentukan panitia. Pegiat budaya, seni dan musik lokal maupun luar berpartisipasi dalam acara ini,” ujarnya, Jumat (20/1/2023).

Pelaksanaan bertempat di Lapangan Kantor Desa Sesulum Kilimeter 28, RT 003 Desa Sesulu. Turut pula meramaikan kegiatan ini, ada pameran dan wahana bermain anak, serta berbagai perlombaan yang melibatkan langsung peserta yang hadir.

Adapun kepanitian ini terdiri dari Karang Taruna, Pemdes Sesulu, Lembaga Adat Paser (LAP) Borneo, Pemuda Pancasila. Lalu Lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), KIM Sesulu, BPD Sesulu dan perpustakaan gemilang Desa Sesulu.

Baca Juga:   Pengurus BKMM-DMI PPU Periode 2023-2028 Resmi Dilantik

“Untuk pameran sementara nanti diantaranya ada pameran mandau serta beberapa stand pameran lainnya. Untuk lomba, ada lomba latto-latto dan karaoke dan beberapa lagi,” tuturnya.

Herlin mengungkapkan tema spesifik yang diangkat ialah kebudayaan lokal, khususnya Budaya Adat Paser. Namun, tidak menutup kemungkinan juga budaya lainnya akan turut dimasukkan dalam kegiatan ini.

Hal ini juga tertuang dalam judul acara yaitu Ungan Berayak yang diambil dari Bahasa Paser yang berarti Acara Bersama. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat cinta kebudayaan lewat ajang melestarikan kebudayaan dan sarana hiburan masyarakat.

Kemudian juga meningkatkan rasa kegotongroyongan dan kebersamaan warga setempat. Sekaligus, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. “Acara ini baru pertama kali direncanakan, Jika sukses digelar, rencananya juga akan dijadikan agendata tahunan di desa,” pungkasnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER