spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

915 ASN dan THL PPU Dites Urine

PENAJAM – Sejumpah pegawai di organisasi perangkat daerah (OPD) di Penajam Paser Utara menjalani tes urine. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di daerah tersebut.

Pelaksanaan dilakukan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) menyasar ratusan pegawai di lingkungan pemerintah kabupaten setempat. Mulai dari para paratur sipil negara (ASN) dan yenaga harian lepas (THL).

Sekretaris BNK PPU Nurbayah mengatakan pegawai yang mengikuti pemeriksaan tes urine terdiri dari 915 pegawai. Terdiri dari 150 orang dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), 150 orang dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), 251 pegawai di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta 364 pegawai di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Sasaran tes urine adalah ASN dan pegawai honorer di lingkungan pemerintah kabupaten,” katanya, Jumat (20/1/2023).

Kegiatan ini, kata dia, akan diagendakan pihaknya setiap tahun dengan tujuan agar di lingkungan pemerintahan kabupaten setempat bersih dan bebas narkoba. Apabila pegawai terindikasi mengonsumsi narkoba dari hasil pemeriksaan urine, langkah yang diambil tidak akan langsung dilakukan penindakan.

Baca Juga:   Pimpin Apel Perdana, Pj Bupati PPU: ASN Harus Kerja Profesional dan Inovatif

Kepala Bidang Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim Risma Yogi M Silalahi menyebutkan akan dilakukan penilaian terlebih dahulu. Namun akan dilakukan tes lanjutan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan psikis residen.

“Dengan pemeriksaan urine, diharapkan masyarakat lebih sadar terhadap bahaya narkoba, mencegah penyalahgunaan obat-obatan terlarang, dan angka penyalahgunaan narkotika menurun,” tutupnya. (SBK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER